ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN STORE ATMOSFER TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA. (STUDI KASUS PADA GIANT SUPERMARKET PONDOK CABE)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v1i2.y2014.p6-32Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan store
atmosfer, secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen untuk
berbelanja pada Giant Supermarket Pondok Cabe. Penelitian ini menggunakan metode
explanatory research, dan pengujian Hipotesis. Dengan teknik survei, menyebar kuesioner
dengan skala Likert. Teknik penentuan sampel dengan accidental sampling/convenience
sampling digunakan rumus Slovin diperoleh 100 responden.
Teknik analisis data yang digunakan Analisis deskriptif dan Analisis statistik inferesial
yaitu : (1). Uji Validitas dan Reliabilitas, (2). Analisi Regresi Berganda, (3). Koefisien
2
Determinasi (R), (4). Pengujian Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji F).
Hasil Pengujian dan analisisnya adalah sebagai berikut :
1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga terhadap keputusan konsumen
untuk berbelanja pada Giant Supermarket Pondok Cabe, dengan korelasi positif 0,279
dan kontribusi sebesar 7,8% . Dan nilai thitung sebesar 2,873 dengan signifikansi t sebesar
0,005.
2. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap keputusan konsumen
untuk berbelanja pada Giant Supermarket Pondok Cabe, dengan korelasi positif 0,725
dan kontribusi sebesar 52,5% . Dan nilai thitung sebesar 10,417 dengan signifikansi t
sebesar 0,000..
3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara store atmosfer terhadap keputusan
konsumen untuk berbelanja pada Giant Supermarket Pondok Cabe, dengan korelasi
positif 0,638 dan kontribusi sebesar 40,7% . Dan nilai thitung sebesar 8,207 dengan
signifikansi t sebesar 0,000..
4. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga, promosi dan store atmosfer secara
bersama-sama terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja pada Giant Supermarket
Pondok Cabe, mempunyai kontribusi sebesar 62,2% dan sisanya 37,8% dipengaruhi
faktor lain yang tidak diteliti. Dan nilai Fhitung sebesar 52,653 dengan signifikan F sebesar
0,000.
Kata Kunci : Harga, Promosi, Store Atmosfer, Keputusan Konsumen untuk Berbelanja.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).