PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN TARIF PREMI TERHADAP MINAT BELI YANG BERDAMPAK PADA KEPUASAN PELANGGAN DI PT ASURANSI CIGNA JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v5i1.y2017.p1-17Abstract
ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antara citra perusahaan dan tarif premi terhadap minat beli yang berdampak pada kepuasan pelanggan di PT Asuransi Cigna Jakarta, dengan menggunakan metode penelitian explanatory survey method, yang bertujuan untuk mendeskripsikan maupun menguji adanya hubungan dan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Dengan populasi sebanyak 126 orang dan untuk sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner dengan skala likert. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) Citra Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan kontribusi nilai sebesar 0,442 artinya citra perusahaan mempengaruhi minat beli pelanggan sebesar 44,2 %. (2) Tarif premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan kontribusi nilai sebesar 0,390 artinya tarif premi mempengaruhi minat beli pelanggan sebesar 39%. (3) Citra Perusahaan dan Tarif premi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan kontribusi nilai sebesar 0,587 artinya citra perusahaan dan tarif premi secara simultan mempengaruhi minat beli sebesar 58,7%, sedangkan nilai sebesar 41,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel independen dalam penelitian ini. (4) Minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan kontribusi nilai sebesar 0,490 artinya minat beli mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 49% dan nilai sebesar 51% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci : Citra Perusahaan, Tarif Premi, Minat Beli dan Kepuasan PelangganDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).