Pengaruh Gender, Status Bekerja dan Status Perkawinan Terhadap Prestasi Akademik
DOI:
https://doi.org/10.32493/jk.v5i1.y2017.p76-98Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Status Gender, Status Pekerjaan dan Status Perkawinan berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Sistem Pendidikan Ekonomi / UNIS Tangerang FKIP baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis regresi logistik (Regresi Logistik). Sampel sebanyak 168 siswa diambil dengan menggunakan proportional stratified random sampling dari populasi 289 siswa jurusan ekonomi / administrasi bisnis FKIP UNIS Tangerang. Instrumen pengumpulan data jenis kelamin, status pekerjaan, dan status perkawinan (variabel bebas) menggunakan kuesioner berupa data pribadi siswa. Sedangkan data untuk prestasi akademik (the dependent variable) fakultas dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian dari 3 variabel yang diduga mempengaruhi prestasi akademik (gender, status pekerjaan, dan status perkawinan), hanya variabel gender yang secara signifikan mempengaruhi prestasi akademik. Hal ini dibuktikan dengan uji wald yang menghasilkan p-value (nilai probabilitas) 0,000 <0,05 dimana perempuan memiliki peluang lebih besar terhadap prestasi akademik di atas rata-rata 6,103 kali lebih banyak dibanding pria. Sementara itu, status kepegawaian dan status perkawinan tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, dengan nilai probabilitas status kerja 0,451> 0,05, dan nilai probabilitas status perkawinan 0,597> 0,05. Sedangkan hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa variabel gender, status pekerjaan, dan status perkawinan berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi akademik dengan signifikansi 0,008 <0,05. Kata kunci: Gender, Status Pekerjaan, Status Perkawinan, Prestasi AkademikDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi-ShareAlike 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).