STRATEGI BERSAING PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG TERHADAP PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS DIWILAYAH TANGERANG DAN SEKITARNYA

Authors

  • ayu metarini Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jk.v3i2.y2016.p17

Keywords:

Strategi pemasaran, Strategi Bersaing, Analisa SWOT

Abstract

Program Magister Managemen Universitas Pamulang (MM Unpam) merupakan salah satu program studi yang ada pada program pascasarjana strata 2 (S2) Universitas Pamulang yang baru dibuka pada tahun 2007. Program MM ini termasuk program yang relative baru karena sudah ada program MM dari perguruan tinggi lainnya diwilayah Tangerang dan sekitarnya. Mengingat program MM Unpam relative baru dan ada program MM dari perguruan tinggi lainnya ini, maka program MM Unpam mempunyai masalah dalam bersaing dengan program MM perguruan tinggi lainnya di wilayah Tangerang dan sekitarnya. Obyek penelitian adalah program MM UNPAM dengan subyek para penentu kebijakan (pejabat structural) beserta dosen (pejabat fungsional), dan karyawan serta para mahasiswa dan alumni program MM UNPAM, selain itu juga ditetapkan pejabat structural, dosen, mahasiswa dari perguruan tinggi yang memiliki program MM dan masyarakat (Pegawai Negeri Sipil, karyawan, swasta dll) sekitar Tangerang dan Pamulang (sekitarnya). Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan analisa SWOT untuk mengidentifikasiberbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi Universitas Pamulang, dengan memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunities) serta bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang disebut dengan analisis situasi. Dari hasil analisis situasi dengan menggunakan SWOT dapat diketahui bahwa kekuatan yang dimiliki program MM UNPAM meliputi program MM UNPAM sudah dikenal oleh masyarakat sebagai perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan pendidikan dengan biaya murah dan terjangkau dengan mutu kualitas yang baik (menjamin mutu lulusan dan meningkatkan kualitas dosen), kondisi ini perlu dijaga dan mempunyai dampak dalam mempengaruhi percepatan peningkatan perkembangan program MM UNPAM. Strategi pemasaran dengan promosi pasif tetap dilaksanakan dan dikembangkan dengan bekerja sama dengan Pemda, sekolah dan perusahaan swasta. Salah satu kelemahan yang perlu diperhatikan adalah menjaga akreditasi program MM UNPAM. Sedangkan dalam mengantisipasi ancaman adanya program MM dari perguruan tinggi lainnya yang memberikan biaya perkuliahan yang murah, maka Program MM Unpam perlu memberikan berbagai kemudahan dalam pembayaran dengan memberikan pinjaman bagi para dosen Unpam yang dikaitkan dengan adanya peluang dari kebijakan pemerintah yang akan menetapkan dosen harus memiliki tingkat pendidikan strata 2

Downloads

Published

2017-04-12

How to Cite

metarini, ayu. (2017). STRATEGI BERSAING PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG TERHADAP PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS DIWILAYAH TANGERANG DAN SEKITARNYA. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 17. https://doi.org/10.32493/jk.v3i2.y2016.p17

Issue

Section

Articles