Pengaruh Komite Audit dan Kinerja Keuangan Terhadap Sustainability Report

Authors

  • Arini Nurul Pujiani Universitas Pamulang
  • Diah Juaniasari Universitas Pamulang
  • Asep Saipudin Univesitas Pamulang
  • Suripto Suripto Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komite audit, leverage dan aktivitas perusahaan terhadap sustainability report perusahaan sector pertambangan yang terdaftar di BEI. Tujuan komite audit adalah untuk menguji pengaruh karakteristik komite audit terhadap sejauh mana pengungkapan CSR dalam sustainability report. Kinerja keuangan yang menjadi indikator pengukuran penelitian ini yaitu, leverage dan aktivitas perusahaan. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Sedangkan sampel untuk penelitian ini ditentukan secara rasional sampling sehingga diperoleh 9 perusahaan sebagai sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website perusahaan masing-masing sektor pertambangan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan taraf signifikansi 5% hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) komite audit tidak berpengaruh terhadap sustainability report (2) leverage tidak berpengaruh terhadap sustainability report (3) aktivitas perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap sustainability report. Berdasarkan temuan penelitian di atas kami menyarankan: 1) Pemerintah harus menetapkan peraturan yang jelas dan solid guna mengatur pelaporan keberlanjutan bagi perusahaan yang sudah go public. 2) Penelitian selanjutnya menggunakan variabel lain yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan selain variabel dalam penelitian ini.

Kata kunci : Aktivitas Perusahaan, CSR, Komite Audit, Leverage, Sustainability Report

References

Afsari, R. et al. (2017), Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Komite Audit dan Kepemilikan Institusional Terhadap Luas Pengungkapan Sustainability. Accounting Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 8 (2).

Ainaya, A. F dan Jacobus Widiatmoko. (2022). “Pengaruh Corporate Governance Efficiency terhadap Pengungkapan Sustainability Report dan Dampaknya terhadap Kinerja Keuangan†Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi; Vol. 14, No. 1 Juli 2022, pp. 80-92.

Alfaiz, D. R dan Titik Aryati. (2019), “Pengaruh Tekanan Stakeholder dan Kinerja Keuangan terhadap Kualitas Sustainability Report dengan Komite Audit sebagai Variabel Moderasi†Jurnal Akademi Akuntansi 2019, Vol. 2 No. 1.

Aniktia, R. dan Muhammad Khafid. (2015), “Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan terhadap Pengungkapan Sustainability Report†Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Bachtiar, dkk. (2022) “ Pengaruh Frekuensi Pertemuan Dewan Komisaris dan Komite Audit terhadap Manajemen Laba dengan Pendekatan Non-Discreationary Accruals†PROSIDING (Pekan Ilmiah Mahasiswa), Vol. 2, No. 2, Juni 2022.

Jannah, U. A. R dan Kurnia, (2016) “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Sustainability Report†Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Karyawati, N. N. A. (2017), “Pengaruh Tingkat Pengungkapan Laporan Keberlanjutan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan†JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), Undiksha, Vol. 7 No. 1.

Oktaviani, D.R (2019) “Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Corporate Governance Terhadap Publikasi Sustainability Reportâ€. STIESIA Surabaya.

Roviqoh, D. I dan Muhammad Khafid. (2021), “Profitabilitas dalam Memediasi Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komite Audit, dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Sustainability Report†BEAJ Vol 1 (1) (April) 2021 : 14-26.

Ruhiyat, E. dan Holiawati (2020) “Pengaruh Public Ownership dan Growth Option terhadap Kinerja Keberlanjutan denga Investmen Opportunity Set sebagai Variabel Moderasiâ€. Jurnal Akuntansi Keberlanjutan Indonesia, Vol. 3, No. 2.

Rudyanto, A. and Siregar, S. V. (2018), The Effect of Stakeholder Pressure and Corporate Governance on The Quality of Sustainability Report. International Journal of Ethics and Systems. Emerald Insight.

Saputro Dwi Anggoro, Fachrurrozie dan Linda Agustina. (2013) “Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Pengungkapan Sustainability Report†Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Sari, M. P. Y., & Marsono, M. (2013). Pengaruh kinerja keuangan, ukuran perusahaan dan corporate governance terhadap pengungkapan sustainability report (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Sofa, F. N dan Novita W. R. T. (2020), Pengaruh Dewan Komisaris, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Sustainability Report†Dinamika Ekonomi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Vol. 13 No. 1 Maret 2020.

Sulistyawati, A. I. dan Aprilia, Q. (2018) “Pengungkapan Sustainability Report dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya†Majalah Ilmiah Solusi, Vol. 16, No. 4.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suharyani, R. et. al. (2017), Pengaruh Tekanan Stakeholder dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Sustainability. Jurnal Akademi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang, 2 (1).

Suryono, H. dan Andri, P. (2011) “Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance (CG) terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Reort (SR)â€. Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala.

Widianto, H. S. (2011) “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Aktivitas Perusahaan, dan Corporate Governance terhadap praktik pengungkapan Sustainability Report†Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Winarto, Y. (2021), Grup BUMI Rilis Laporan Keberlanjutan 2020. Diakses pada 02 Oktober 2021 dari Kontan.co.id https://investasi.kontan.co.id/news/grup-bumi-rilis-laporan-keberlanjutan-2020.

Wulandari R., Syifa F. dan Ali M. (2021) “Pengaruh Komite Audit dan Struktur Modal terhadap Pengungkapan Sustainability Report†Vol. 6 No. 02.

Downloads