Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur pada Sub Sektor Industri Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Titik Indriyati Universitas Pamulang
  • M Rudi Hartono Universitas Pamulang
  • Tukiyat Tukiyat Universitas Pamulang

Abstract

Saham-saham properti dan real estate terlihat lesu sejak awal tahun 2020. Penurunan nilai saham sektor properti dan real estate diperberat oleh pandemi Covid-19 yang menekan daya beli masyarakat. Penurunan penjualan properti dan real estate tersebut juga berdampak pada penurunan harga saham sub sektor industri semen. Nilai harga saham yang cukup fluktuatif pada pasar modal menjadikan suatu fenomena yang menarik untuk dikaji lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham secara persial maupun secara simultan pada perusahaan manufaktur sub sektor industri semen. Penelitian menggunakan data sekunder dari data saham yang tercatat di BEI. Sampel penelitian dibatasi pada periode laporan keuangan tahun  2016-2020. Variabel yang diteliti antara lain ROA, ROE dan harga saham. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitaitf dengan model analisis regresi berganda data panel. Hasil pemilihan model terbaik melalui uji Chow dan Hausman menghasil pilihan model terbaik adalah fixed effect model. Model regresi berganda yang ditemukan adalah adalah Harga saham = 5.155,429 + 5.030,338 ROA – 543,88 ROE. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan ROA terhadap Harga Saham (2) terdapat pengaruh negatif yang tidak signifikan ROE terhadap Harga Saham, (3) terdapat pengaruh yang signifikan ROA dan ROE secara bersama-sama terhadap harga saham. Nilai Koefisien determinan model regresi sebesar 96.8%, artinya variansi naik turunnnya harga saham dipengaruhi oleh ROA dan ROE sebesar 96,8%, serta dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 3,2%.

 

Kata kunci: Harga Saham, Return On Asset, Return On Equity

 

References

Adrisa, F. S., Nurdin, A. A., & Setiawan, I. (2021). Analisis Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Harga Saham pada Perusahaan yang Konsisten Terdaftar di Jakarta Islamic Index. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 1(3), 710-717.

Anoraga,Pandji dan Pakarti,Piji. 2008. Pengantar Pasar Modal. Rineka cipta: Jakarta Artina, Ryan. "Pengaruh Earning Per Share Dan Deviden Per Share Serta Return On Equity Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Retail Trade Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia." Jurnal Jurusan Manajemen 8.2 (2018).Vol (8). No 2.

Darmadji,Tjiptono dan Fakhruddin, Hendy M. 2015. Pasar Modal Indonesia. Salemba Empat: Jakarta Fahmi,Irham.2011. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Hanafi dan Halim. 2003. Analisis Laporan Keuangan. AMP-YKPN.Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan .PT.RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Hery. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Bumi Aksara. Jakarta Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE. Jakarta Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Murhadi, Werner R. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Novianti, A. (2020). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT Berlina Tbk. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Oktavia, Ita, Siti Masyithoh, and Anisa Kusumawardhani. "Pengaruh return on equity (ROE), earning per share (EPS), dan current ratio (CR) terhadap harga saham perusahaan farmasi yang terdaftar di bursa efek indonesia." Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) (2018).

Pede, P. F. A. (2020). Pengaruh Return on Assets Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Sustainable Growth Rate Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019. JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, Vol.1 No 2(2), 113–123. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/do wnload/29/30.

Prihadi.Toto. Analisis Laporan Keuangan.2010. Penerbit PPM. Jakarta.

Riyadi, S., & Setyawan, A. F. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Eps Terhadap Harga Saham Bank Kategori Buku 4 (Periode 2013- 2017). Perbanas Review, 3(1).

Ruslan, R. (2018). Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham di PT. Astra Agro Lestari Tbk. yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Syaiful. (2021). Pengaruh Debt Toquity Ratio (Der) Dan Return On Asset (Roa) Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus : Perusahaan Sub Sektor Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bei Periode 2017- 2019). Jurnal Ekonomi, Vol.12, No(3), 257–264. https://ekobis.stieriauakbar.ac.id/index.php/Ekobis/article/viewFile/338/330.

Downloads