Sosialisasi Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Pengembangan UMKM di Kelurahan Kadu Agung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang

Authors

  • Ajeng Apriliasari Magister Akuntansi, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Pepi Monika Magister Akuntansi, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Rani Nurani Magister Akuntansi, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Septi Septiana Magister Akuntansi, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Iin Rosini Magister Akuntansi, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Firman Tatariyanto Magister Akuntansi, Universitas Pamulang, Indonesia

Abstract

The People's Business Credit (KUR) program is designed to help Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) that have great potential to contribute to the local and national economy. In the context of Kelurahan Kadu Agung, many MSME actors face major constraints such as limited capital, limited knowledge of financial administration management and limited understanding of literacy in applying for KUR. This activity aims to provide practical training for MSME actors on how to apply for KUR, improve access to capital, and encourage business development. The methods used included direct socialization, discussion, and post-activity evaluation. The results of the activity showed an increase in participants' understanding of access to capital, which is expected to increase the competitiveness of MSMEs in a sustainable manner.

Keywords: People's Business Credit (KUR), MSMEs, Socialization, Economic Development, Capital

 

Abstrak

 

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dirancang untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada perekonomian lokal dan nasional. Dalam konteks Kelurahan Kadu Agung, banyak pelaku UMKM menghadapi kendala kendala utama yang dihadapi seperti terterbatasan dalam permodalan, keterbatasan pengetahuan pengelolaan administrasi keuangan dan keterbatasan pemahaman literasi dalam pengajuan KUR. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan praktis bagi pelaku UMKM terkait cara pengajuan KUR, meningkatkan akses ke permodalan, serta mendorong pengembangan usaha. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi langsung, diskusi, dan evaluasi pascakegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terkait akses permodalan, yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM secara berkelanjutan.

Kata Kunci : Kredit Usaha Rakyat (KUR), UMKM, Sosialisasi, Pengembangan Ekonomi, Permodalan

Downloads

Published

2024-11-30