Urgensi Pendidikan Agama di Era Disrupsi
Abstract
Gelombang teknologi sebagai efek Revolusi Industri ke-4 telah mengubah tatanan di berbagai segi kehidupan.Revolusi ini mengubah dari hal-hal yang tradisional beralih ke sistem yang didukung mesin-mesin canggih.Teknologi memberi peluang pada hal-hal praktis menjadi serba otomatis dan penuh inovatif di berbagai sektor kehidupan.Peneliti dengan metode library research ini memaparkan urgensi pendidikan agama Islam di era disrupsi. Agama yang dibutuhkan di era disrupsi ini adalah agama yang tidak hanya mengandalkan argumentasinya pada dalil-dalil yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits yang bersifat ideal, melainkan juga harus mendasarkan pada fakta-fakta yang bersifat empiris dan realistik. Agama yang dibutuhkan di era disrupsi adalah agama yang ramah dengan manusia dan lingkungan, agama yang membawa kedamaian, kesejukan, dan keharmonisan dalam kehidupan, serta agama yang dapat dirasakan manfaatnya dalam kehidupan nyata.Agama yang transformatif sebagai agama yang mampu mengemban misi humanisasi, liberasi (bukan liberal) dan transendensi.Ada sisi kekhasan pendidikan agama Islam yang tidak tergantikan dengan teknologi, yakni keteladanan.Kata Kunci : Disrupsi, Agama, Pendidikan
References
Abdurrahman, Moeslim. Islam Transformatif, Jakarta : Pustaka Firdaus, 1995, cet. III.
Ahmad, Ziauddin, Influence Of Islam in World Civilization. Delhi : Adam Publishers & Distributors, 1996, First Edition.
Coonoly, Peter, (ed). Aneka Pendekatan Studi Islam, (terj). Imam Khoiri, dari judul asli Approaches to the Study of Religion,Yogyakarta : LKiS, 2002, cet. I.
Hanif Hassan, Muhammad, Teroris Membajak Islam,Jakarta : Grafindo Khazanah Ilmu, 2007, cet. I.
Hidayat, Komaruddin, Tragedi raja Midas : Moralitas Agama dan Krisis Modernisme, Jakarta : Paramadina, 1998, cet.I.
Taher, Tarmizi, Ber-Islam Secara Moderat. Jakarta : Grafindo Khazanah Ilmu, 2007, cet.I
Downloads
Published
2020-03-13