GERAKAN FAHAM RADIKAL, EKSKLUSIF DAN EKSTRIM DI INDONESIA

Authors

  • Muhammad Mualif Universitas Pamulang

Abstract

Radikalisme merupakan persoalan kompleksitas yang tidak berdiri sendiri. Hampir seluruhnya memiliki pendasaran sangat politis dan ideologis. Layaknya sebuah ideologi yang terus mengikat, radikalisme menempuh jalur agama untuk dapat membenarkan segala tindakan anarki. Maka, Islam tak sama dengan radikalisme, karena sejatinya Islam datang untuk mendamaikan dunia, mengatur tatanan alam jagad raya. Radikalisme keagamaan sebenarnya fenomena yang biasa muncul dalam agama apa saja. Radikalisme sangat berkaitan erat dengan fundamentalisme, yang ditandai oleh kembalinya masyarakat kepada dasar-dasar agama. Fundamentalisme adalah semacam Ideologi yang menjadikan agama sebagai pegangan hidup oleh masyarakat maupun individu. Biasanya fundamentalisme akan diiringi oleh radikalisme dan kekerasan ketika kebebasan untuk kembali kepada agama tadi dihalangi oleh situasi sosial politik yang mengelilingi masyarakat. Kata Kunci: Radikalisme, Ekstrimisme

Author Biography

Muhammad Mualif, Universitas Pamulang

Dosen Agama Islam Universitas Pamulang

References

Al-Faruqi, Lois Lamya, “Atlas Budaya Islam,†(terj : Ismail Raji Al-faruqi), Jakarta: Mizan, 2001. Azra, Azumardi, Radikalisme Islam Indonesia, Artikel Tempo, 2002 Damayanti, Ninin Prima. Dkk, Radikalisme Agama Sebagai Salah Satu Bentuk Perilaku Menyimpang: Studi Kasus Front Pembela Islam, Indonesian Journal of Criminologi Vol. 3 No.1 (43-57), 2003.

Fanani, Ahmad Fuad, Fenomena Radikalisme di Kalangan Kaum Muda. Jurnal Maarif Vol. 8. No.1 (4-13), 2013. Ro‟uf, Abdul Mukti, Mengurai Radikalisme Agama di Indonesia Pasca Orde Baru. Jurnal Ulumuna Vol 11 No. 1 (157-176), 2007. Rokhmad, Abu, Radikalisme Islam dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol. 20. No. 1 (79-114), 2012. Turmudi, Endang (ed), Islam dan Radikalisme di Indonesia. Jakarta: LIPI Press, 2005. Usman, Sunyoto. Dkk, Radikalisme Agama di Indonesia. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2014. Zaki Mubarak, Muhammad, Geneologi Islam Radikal di Indonesia, Jakarta: LP3ES, 2008. Zuhdi, Muhammad Harfin, Radikalisme Agama dan Upaya Deradikalisasi Pemahaman Keagamaan, AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 22 No. 1 (199-224), 2017.

Downloads

Published

2020-03-13