KEBERAGAMAN DALAM BERAGAMA PADA KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA BERDASARKAN PANCASILA

Authors

  • Mudzakir Mudzakir Universitas Pamulang

Abstract

Kehadiran berbagai agama di Indonesia merefleksikan agar umat beragama tidak saling menganiaya orang lain. Akan tetapi, agama yang mengajarkan perdamaian tidak jarang dijadikan legitimasi untuk mengganggu, memusuhi, dan memusnahkan umat lain. Di Indonesia, konflik antar umat beragama telah menjadi rahasia umum, dalam kondisi seperti ini ajaran agama dapat dijadikan sebagai alat pembenar bagi pemeluknya untuk melakukan tindakan permusuhan dan pembunuhan terhadap pemeluk agama lain. Kenyataan ini sangat bertentangan dengan esensi ajaran agama itu sendiri yang selalu mengajarkan cinta kasih dan perdamaian. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk dengan pemeluk agama yang beragam. Belum lagi perbedaan suku dan ras, bisa jadi faktor ini juga berpotensi memperkeruh suasana konflik agama. Namun demikian, kemungkinan diatas bisa jadi tidak terbukti apabila masyarakat dan bangsa Indonesia mampu menumbuhkan sikap empati terhadap perbedaan tersebut.

References

Ali, A. “Surga Bukan Monopoli Muslimâ€, Tempo. 2008.

Anderson, B, Hidup di Luar Tempurung. Serpong: CV Marjin Kiri. Anonim. 2005.

Arisandi, H. 2015. Buku Pintar Pemikiran TokohTokoh Sosiologi Dari Klasik sampai Modern . Yogyakarta: IRCiSoD.

Echikwomye, B, Security Challenges in Africa: The Role of International Community in Conflict Resolution in Nigeria, International Journal of African and Asia, 2013.

Gandhi, M, Semua Manusia Bersaudara. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor, 2016.

Giddens, A., Teori Strukturasi: Dasar-Dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Jellen, T, The Constitutional Basis of Religious Pluralism in the United States: Causes and Consequences. ANNALS, AAPSS, 2007.

Lombard, D, Nusa Jawa: Silang Budaya 2, Jakarta: Gramedia, 2005.

Lubis, A. Y. Postmodernisme, Teori dan Metode. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Martono, N. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial, Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonilal. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2014.

Nurcholis, A., & M. Dja'far, A. 2014. Agama Cinta. Jakarta: Kompas Gramedia. Pruit, D., & Rubin, J, Teori Konflik Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Rahman, A., & Kambali, Religious Tolerance in Malaysia: Problems and Challenges. Internasional Journal of Ismaic Challeneges, 2013.

Soekarno, Di Bawah Bendera Revolusi Djilid Pertama. Djakarta: Panitya di Bawah Bendera Revolusi, 1965.

Downloads

Published

2020-03-13