PENTINGNYA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEWUJUDKAN KEBERAGAMAN DAN SIKAP MODERAT DI INDONESIA

Authors

  • Andi Hidayat Universitas Pamulang

Abstract

Artikel ini ditulis untuk memberikan gambaran tentang pentingnya pendidikan multikultural di Indonesia. Guna memperoleh data tentang pendidikan multicultural penulis melakukan kajian kepustakaan. Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keragaman etnik tetapi memiliki tujuan yang sama, yakni menuju masyarakat adil makmur dan sejahtera. Karena itu, menjadi penting pengembangan pendidikan multikultural, sebuah proses pendidikan yang memberi peluang sama pada seluruh anak bangsa tanpa membedakan perlakuan karena perbedaan etnik, budaya dan agama, yang memberikan penghargaan terhadap keragaman, dan yang memberikan hak-hak sama bagi etnik minoritas, dalam upaya memperkuat persatuan dan kesatuan, identitas nasional dan citra bangsa di mata dunia internasional. Dalam hal ini, pendididkan harus mendesain proses pembelajaran, mempersiapkan kurikulum dan desain evaluasi, serta mempersiapkan ouput yang memiliki persepsi, sikap dan perilaku multikultural, sehingga menjadi bagian yang memberikan kontribusi positif terhadap pembinaan sikap multikultural para siswanya.

Author Biography

Andi Hidayat, Universitas Pamulang

Dosen Agama Islam Universitas Pamulang

References

Abdurahman, Asep Eksistensi Islam Moderat dalam Perspektif Islam, Jurnal Rausyan Fikr. Vol. 14 No. 1 Maret, 2018 , Baidhawi, Zakiyuddin, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga, 2005. Esposito, John L., Moderate Muslims: A Mainstream of Modernists, Islamists,Conservatives, and Traditionalists, dalam American Journal of Islamic Social Sciences, Vol. XXII, No. 3, Summer 2005, p. 12 ), 2005, Hadi, Sopyan, Urgensi Nilai- Nilai Mooderat Dalam Lembaga Pendidikan Di Indonesia, Jurnal Kahpi, Vol 1 No 1, Juli, 2019 Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara, 2001. Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2001. J.A, Banks. An Introduction to Multicultural Education , Boston : Allyn and Bacon, 2001. Kusmarni, Yani., Pendidikan Multikultural Suatu Kajian Tentang Pendidikan Alternatif Di Indonesia Untuk Merekatkan Kembali Nilai-nilai Persatuan, Kesatuan Dan Berbangsa di Era Global. Diunduh pada tanggal 17 Oktober, 2010. Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009

Misrawi, Zuhairi., Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2010. Nurkholis, Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember, 2013.

https://kemenag.go.id/berita/read/512159/bagaimana-sikap-moderat--ini-empat-cirinya, 2019 Rosyada, Dede., “Pendidikan Multikulturalise Di Indonesia sebuah Pandangan Konsepsional†Jurnal Sosio Didaktika Vol 1, No 1 Mei, 2014. Sada, Clarry, Multicultural Education in Kalimantan Barat; anOverview, dalam Jurnal Multicultural Education in Indonesia and South East Asia,Edisi I, 2004. Yaqin, Ainul M., Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understandinguntuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta: Pilar Media, 2004.

Zamimah, Iffati, Moderatisme Islam dalam Konteks Keindonesiaan, Jurnal Al Fanar Agustus, 2018.

Published

2020-03-13