PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PINJAMAN DANA TUNAI JAMINAN BPKB PT. FIF GROUP CABANG TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/smk.v1i1.1248Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pada PT. FIF Group Cabang Tangerang.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. FIF Group Cabang Tangerang yang berjumlah 94 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifkan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada pinjaman dana tunai jaminan bpkb PT. FIF Group Cabang Tangerang yaitu thitung (9,416) > ttabel (0,291). Analisis regresi sederhana didapat persamaan Y = 35,73 + 0,089X . Korelasi antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada pinjaman dana tunai jaminan bpkb PT. FIF Group Cabang Tangerang sebesar (r = 0,913). Nilai koefisien determinasi (KD) yaitu sebesar 83,4%, ini menunujukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki kontribusi terhadap loyalitas pelanggan 83,4%, sedangkan sisanya 16,6% disebabkan oleh faktor lain.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.