PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA HOTEL DHARMAWANGSA

Authors

  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang
  • Jefri Muhammad Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v1i1.1250

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nya pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pengunjung hotel Dharmawangsa, baik secara parsial atau simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung hotel yang lebih dari dua kali dengan jumlah populasi tidak diketahui sehingga jumlah sampel diperoleh sebanyak 100 pengunjung dengan menggunakan rumus Lemeshow. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen atau variabel bebas (X) adalah Fasilitas (X1) dan Pelayanan (X2) sedangkan variabel dependen atau variabel terikat (Y) adalah Kepuasan Pengunjung. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 - 5 dengan 5 kategori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengunjung dan pelayanan tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengunjung, sementara hasil secara simultan fasilitas dan pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung

Kata kunci: Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan Pengunjung

Published

2018-05-21

How to Cite

Arianto, N., & Muhammad, J. (2018). PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA HOTEL DHARMAWANGSA. JURNAL SeMaRaK, 1(1), 108–115. https://doi.org/10.32493/smk.v1i1.1250