PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 AKUTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

Authors

  • Syamsul Mu’arif Universitas Pamulang
  • Afridayani Afridayani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v4i3.13409

Keywords:

Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis online terhadap motivasi belajar mahasiswa prodi sarjana akuntansi Universitas Pamulang. . Obyek penelitian yakni mahasiswa prodi sarjana akuntansi regular A semester 1 masa registrasi ganjil 2020. Metode Penelitian secara kuantitatif deskriptif dengan menguji sampel 132 mahasiswa sebagại responden. Dengan menggunakan analisis data yaitu analisis regresi, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS versi 24. Penelitian ini menunjukkan pengaruh media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, artinya semakin baik media pembelajaran yang disediakan oleh lembaga pendidikan maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa ataupun mahasiswa. Jika media pembelajaran yang disediakan lembaga Pendidikan kurang baik makan akan menurunkan minat ataupun motivasi belajar mahasiswa. Hasil Penelitian diperkuat dan didukung oleh nilai sign. Lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,000 < 0,005 artinya media pembelajaran berpengaruh posisitif dan siginifikan terhadap motivasi belajar. Selanjutnya juga dapat dilihat dari t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 12.651 > 1,978 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Online yang ada di Pogram Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang memiliki pengaruh positif dan penting terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.

Published

2021-10-08

How to Cite

Mu’arif, S., & Afridayani, A. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 AKUTANSI UNIVERSITAS PAMULANG. JURNAL SeMaRaK, 4(3), 14–21. https://doi.org/10.32493/smk.v4i3.13409