PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASANN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/smk.v2i1.2662Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan “untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan XL Center, untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas layanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan XL Center, untuk mengetahui variabel mana yang paling mempengaruhi kepuasan pelanggan XL. Tengah. Dalam penelitian ini menggunakan variabel independen kualitas produk (X1), harga (X2) dan kualitas layanan (X3). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 112 responden yang diambil secara acak dari pelanggan yang mengunjungi bintaro XL Center. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil jawaban responden terhadap kuesioner yang dibagikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh simultan terhadap variabel kualitas produk, harga, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga dan kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. Dalam uji determinasi terdapat pengaruh 54,5% dari variabel independen (kualitas produk, harga, dan kualitas layanan) terhadap variabel dependen (kepuasan pelanggan). 45,5% sisanya dijelaskan oleh variabel lain dan tidak termasuk dalam analisis regresi iniâ€.
Kata kunci: kualitas produk, harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan
Published
2019-05-03
How to Cite
Irfanudin, A. M. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASANN PELANGGAN. JURNAL SeMaRaK, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.32493/smk.v2i1.2662
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.