PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. ENIGMA

Authors

  • Sri Mulyani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v2i1.2671

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan kepada karyawan CV. ENIGMA menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan skala likert. Jumlah populasi sebanyak 291 orang karyawan, dengan sampel responden sebanyak 168 orang karyawan pada CV. Enigma. Data di analisis melalui perhitungan statistik dengan perangkat SPSS versi 23 for windows.

Berikut hasil penelitian yang di dapat : (1) Hasil uji t sebesar 6,512 yang kemudian dibandingkan dengan t tabel yaitu 1,974, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis H1 “Pendidikan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan†diterima. (2) Hasil pengujian hipotesis pelatihan menunjukkan nilai t hitung sebesar 15,847 yang kemudian dibandingkan dengan t tabel yaitu 1,974, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis H2 “Pelatihan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan†diterima. (3) Hasil pengujian hipotesis kompetensi menunjukkan nilai t hitung sebesar 9,733 yang kemudian dibandingkan dengan t tabel yaitu 1,974, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis H3“Kompetensi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Kinerja karyawan†diterima. (4) Hasil perhitungan statistik menunjukkan nilai F hitung = 106,432 yang kemudian dibandingkan dengan F tabel yaitu 2,66, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis H4 “Pendidikan, Pelatihan dan Kompetensi mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap terhadap Kinerja karyawan†diterima

Kata  kunci : Pendidikan,  Pelatihan, Kompetensi, dan  Kinerja  Karyawan

Published

2019-05-03

How to Cite

Mulyani, S. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. ENIGMA. JURNAL SeMaRaK, 2(1), 130–143. https://doi.org/10.32493/smk.v2i1.2671