EVALUASI PROGRAM PELATIHAN DESAIN PEMBELAJARAN BAGI DOSEN UNIVERSITAS TERBUKA

Authors

  • Heri Saputra Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v2i2.2933

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil dari  program pelatihan desain pembelajaran bagi dosen Universitas Terbuka. Program pelatihan ini dilakukan melalui proses belajar tatap muka 16 kali pertemuan setara 3 SKS dalam program pasca sarjana. Peserta menghasilkan produk atau porto folio desain matakuliah yang diampunya. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method yang menganalisis hasil baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian evaluasi program dengan model CIPP (context, input, process, product). Evaluasi dilakukan dengan menilai keempat komponen tersebut dalam menyelenggarakan program pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan komponen konteks sesuai dengan kebutuhan institusi dan peserta. Komponen input program pelatihan sudah cukup baik walaupun masih ada perbaikan. Penilaian komponen proses menunjukkan bahwa aktivitas belajar sesuai dengan kompetensi yang perlu dimiliki oleh peserta. Sedangkan penilaian produk menilai peserta menghasilkan produk desain pembelajaran yang memadai sesuai dengan kompetensi yang dihasilkan.

 

Kata kunci: evaluasi dan pelatihan

 

Published

2019-10-23

How to Cite

Saputra, H. (2019). EVALUASI PROGRAM PELATIHAN DESAIN PEMBELAJARAN BAGI DOSEN UNIVERSITAS TERBUKA. JURNAL SeMaRaK, 2(2), 110–123. https://doi.org/10.32493/smk.v2i2.2933