Pengaruh Stres Belajar Dan Beban Belajar Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Pada SMK Bina Harapan Ciseeng, Bogor.
DOI:
https://doi.org/10.32493/smk.v6i2.32272Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Stres Belajar dan Beban
Belajar terhadap Kepuasan Belajar Siswa pada SMK Bina Harapan Ciseeng,Bogor
Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif serta data yang didapatkan
dengan cara menyebar kuesioner pada murid SMK Bina Harapan. Sampel pada penelitian ini adalah
murid SMK Bina Harapan kelas XI jurusan akuntansi sebanyak 105 siswa. Analisa data menggunakan
uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan metode regresi linier berganda dan memakai
SPSS.
Hasil dari uji hipotesis adalah: hasil uji validitas yaitu r hitung > rtabel (1,000 > 0,192) maka
dapat disimpulkan bahwa semua variabel dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas pada variabel stres
belajar sebesar 0,736, variabel beban belajar sebesar 0,737 dan variabel kepuasan belajar siswa sebesar
0,740 maka dapat dikatakan reliabel. Variabel stres belajar berpengaruh positif terhadap kepuasan
belajar siswa, dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel (1,941 > 1,659) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05).
Beban belajar memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan belajar siswa yakni diperoleh nilai t hitung
> t tabel (1,823 > 1,689) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Stres belajar dan beban belajar secara simultan
memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar siswa di SMK Bina Harapan Ciseeng, dimana
hasil nilai F hitung sebesar 22,386 dan nilai probabilitas (sig) = 0,000. Hasil nilai F hitung yaitu sebesar
22,386 > 3,09 (F tabel) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Stres Belajar, Beban Belajar, Kepuasan Belajar Siswa
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.