Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Yana Collection Plaza Ciputat
DOI:
https://doi.org/10.32493/smk.v7i1.38541Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap
keputusanpembelian pada Toko Yana Collection Plaza Ciputat. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan rumus slovin dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden.
Analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi,
analisis koefisien korelasi, analisis koefisiendeterminasi, dan uji hipotesis. Hasil dari
penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial
terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y
= 5,314 + 0,463 X1, nilai korelasi sebesar 0,763 artinya kedua variabel memiliki tingkat
hubunganyang kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 58,2%. Uji hipotesis diperoleh
nilai t hitung > t tabel yaitu (11,682 > 1,984). Dengan demikian H0 ditolak dan H1
diterima, sehingga dinyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas
produk terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh signifikan secara parsial
terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 6,830 + 0,532 X2, nilai
korelasi sebesar 0,729 artinya kedua variabel memiliki tingkathubungan yang kuat. Nilai
koefisien determinasi sebesar 53,2%. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu
(10,555 > 1,984). Dengan demikian maka menunjukan H0 signifikan antara harga
terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan secara
simultan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 3,976 + 0,301 X1
+ 0,248X2, nilai korelasi sebesar 0,791 artinya ketiga variabel memiliki tingkat hubungan
yang kuat. Nilaikoefisien determinasi sebesar 62,6%. Uji hipotesis diperoleh nilai f hitung
> f tabel yaitu (81,247
> 3,09). Dengan demikian maka menunjukkan H0 ditolak dan H3 diterima, sehingga
dinyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan harga
terhadap keputusanpembelian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, dan Keputusan Pembelian
References
Aldona, L., & Listari, S. (2020). Pengaruh
Rasio Profitabilitas Dan Rasio Leverage
Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah
Akuntansi Kesatuan, 8(1), 97–106.
Amalia, D. (2022). Manajemen Laba
Sebagai Strategi Dalam Akuntansi.
Mekari Jurnal. Https://
Www
.Jurnal.Id/Id/Blog/Manajemen-LabaSebagai-Strategi-Dalam-Akuntansi/
Anggriani, M., & Widjaja, I. (2021).
Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan,
Leverage, Profitabilitas Terhadap
Manajemen Laba Pada Perusahaan
Consumer Goods Industry.
Asbi Amin, G. P., & Kara, M. H. (2022).
Pengaruh Profitabilitaas, Leverage Dan
Beban Pajak Tangguhan Terhadap
Manajemen Laba. Jurnal Ilmiah MEA
(Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi),
(1), 494–512.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.