Kepuasan Pelanggan Yang Dipengaruhi Oleh Harga Dan Kualitas Pelayana Pada Bengkel Javaban Dunlop Cirendeu Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Desy maisaroh
  • Sugeng widodo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v7i2.42163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Javaban Dunlop Cirendeu Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan Teknik pengambilan sampel dalampenelitian ini menggunakan proposional random sampling. Metode pengambilan sampeldengan menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunakan analisis regresi, analisiskoefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalahHarga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berkontribusi positif terhadap Kepuasan Pelanggan(Y) dengan persamaan regresi Y = -3,293 + 0,102 X1 + 0,577 X2. Koefisien determinasiberkontribusi secara simultan 80,1%. Uji hipotesis secara parsial diperoleh angka harga sebesarthitung > ttabel atau 13,619 >1,985, Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal inimenunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang positif antara variabel Harga (X1) terhadapKepuasan Pelanggan (Y). Kualitas Pelayanan diperoleh nilai thitung > ttabel 19,196 >1,986, Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapatkontribusi positif antara variabel Kualitas Pelayanan (X2) dengan Kepuasan Pelanggan (Y) Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau 185,468 > 2,700 maka H0 ditolak dan H3 diterima, artinya Harga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama berkontribusi positif
terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelangga

References

DAFTAR PUSTAKA

Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis

dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Aprilliani, S., Supriyatna, W., & Solihin,

D. Pelatihan Meningkatkan Jiwa

Berwirausaha pada Santri Ponpes

Mathla'ul Hidayah Cisauk. Dedikasi

PKM, 4(2), 174-179.

Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F.

(2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan

Terhadap Kepuasan Konsumen Pada

Bengkel Ahass Honda

Tangerang. Penelitian Ilmu

Manajemen, 2(2), 2614-3747.

Arfin, I. (2022). Teori Permintaan dan

Penawaran (No. 79yc6). Center for

Open Science.

Amalia, A. F., & Pasaribu, V. L. D. (2022).

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan

Harga terhadap Kepuasan Konsumen

pada Pasien Klinik Jakarta Dental

Project. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah

Indonesia, 7(9), 13703-13726.

Darmawan, M. F., & Pasaribu, V. L. D.

(2024). Pengaruh Kualitas Produk dan

Promosi terhadap Keputusan

Pembelian pada Kedai Kopi Melati

Ciputat. BUDGETING: Journal of

Business, Management and

Accounting, 5(2), 1106-1117.

Erpan, A. A., & Pasaribu, V. L. D. Pengaruh

Promosi dan Harga terhadap

Keputusan Pembelian Produk Minyak

Goreng 1 Liter pada Indomaret

Babakan Pocis Fzc6 Parung

Bogor. Jurnal Ilmiah Swara

Manajemen, 3(1), 90-103.

Hasan, M. A., & Pasaribu, V. L. D. (2024).

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan

Harga terhadap Kepuasan Konsumen

pada Toko Jakmart di PD. Pasar Jaya

Kendari. BUDGETING: Journal of

Business, Management and

Accounting, 5(2), 1158-1174.

Additional Files

Published

2024-07-31

How to Cite

Desy maisaroh, & Sugeng widodo. (2024). Kepuasan Pelanggan Yang Dipengaruhi Oleh Harga Dan Kualitas Pelayana Pada Bengkel Javaban Dunlop Cirendeu Kota Tangerang Selatan. JURNAL SeMaRaK, 7(2), 101–116. https://doi.org/10.32493/smk.v7i2.42163