Kepuasan Pelanggan Yang Dipengaruhi Oleh Harga Dan Kualitas Pelayana Pada Bengkel Javaban Dunlop Cirendeu Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/smk.v7i2.42163Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Javaban Dunlop Cirendeu Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan Teknik pengambilan sampel dalampenelitian ini menggunakan proposional random sampling. Metode pengambilan sampeldengan menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunakan analisis regresi, analisiskoefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalahHarga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berkontribusi positif terhadap Kepuasan Pelanggan(Y) dengan persamaan regresi Y = -3,293 + 0,102 X1 + 0,577 X2. Koefisien determinasiberkontribusi secara simultan 80,1%. Uji hipotesis secara parsial diperoleh angka harga sebesarthitung > ttabel atau 13,619 >1,985, Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal inimenunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang positif antara variabel Harga (X1) terhadapKepuasan Pelanggan (Y). Kualitas Pelayanan diperoleh nilai thitung > ttabel 19,196 >1,986, Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapatkontribusi positif antara variabel Kualitas Pelayanan (X2) dengan Kepuasan Pelanggan (Y) Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau 185,468 > 2,700 maka H0 ditolak dan H3 diterima, artinya Harga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama berkontribusi positif
terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelangga
References
DAFTAR PUSTAKA
Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis
dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Aprilliani, S., Supriyatna, W., & Solihin,
D. Pelatihan Meningkatkan Jiwa
Berwirausaha pada Santri Ponpes
Mathla'ul Hidayah Cisauk. Dedikasi
PKM, 4(2), 174-179.
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F.
(2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Pada
Bengkel Ahass Honda
Tangerang. Penelitian Ilmu
Manajemen, 2(2), 2614-3747.
Arfin, I. (2022). Teori Permintaan dan
Penawaran (No. 79yc6). Center for
Open Science.
Amalia, A. F., & Pasaribu, V. L. D. (2022).
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Harga terhadap Kepuasan Konsumen
pada Pasien Klinik Jakarta Dental
Project. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah
Indonesia, 7(9), 13703-13726.
Darmawan, M. F., & Pasaribu, V. L. D.
(2024). Pengaruh Kualitas Produk dan
Promosi terhadap Keputusan
Pembelian pada Kedai Kopi Melati
Ciputat. BUDGETING: Journal of
Business, Management and
Accounting, 5(2), 1106-1117.
Erpan, A. A., & Pasaribu, V. L. D. Pengaruh
Promosi dan Harga terhadap
Keputusan Pembelian Produk Minyak
Goreng 1 Liter pada Indomaret
Babakan Pocis Fzc6 Parung
Bogor. Jurnal Ilmiah Swara
Manajemen, 3(1), 90-103.
Hasan, M. A., & Pasaribu, V. L. D. (2024).
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Harga terhadap Kepuasan Konsumen
pada Toko Jakmart di PD. Pasar Jaya
Kendari. BUDGETING: Journal of
Business, Management and
Accounting, 5(2), 1158-1174.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.