ANALISIS CAR, NPF, BOPO DAN FDR UNTUKMENGUKUR TINGKAT KESEHATAN, SERTA PENGARUHNYA TERHADAPROA ( Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah/BUSYangTerdaftardi BEI )

Authors

  • ITA DARSITA UNIVERSITAS PAMULANG

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v3i1.4513

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan menganalisis CAR, NPF, BOPO dan FDRuntuk mengukur tingkat kesehatan, serta pengaruhnya terhadap ROA (studi kasus pada BUS yang terdaftar di BEI). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan publikasi tahunan Bank Umum Syariah periode 2010-2016.Populasi dalam penelitian ini adalah duabelas Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Setelah melewati tahap purposive sampling, terdapat enam sampel Bank Umum Syariah yang layak digunakan yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank Syariah Bukopin, Bank BRI Syariah, Bank Mega Syariah dan Bank Panim Dubai Syariah Tbk. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan rasio keuangan dan analisis regresi linear berganda yang bertujuan untuk memperoleh kriteria tingkat kesehatan dan gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variable dan proses perhitungan statistik dengan menggunakan program eviews versi 8.Sedangkan uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.

Hasil penelitian tingkat kesehatan Bank Umum Syariah periode 2010 – 2016 menunjukan rasio CAR dengan kriteria sangat sehat, rasio FDR dengan kriteria sehat, rasio ROA dan NPF dengan kriteria cukup sehat  dan rasio BOPO dengan kriteria kurang sehat serta hasil penelitianuji-t/parsial menunjukkan bahwa CAR tidak berpengaruh negatif terhadap ROA dan tidak signifikan, NPF tidak berpengaruh negatif terhadap ROA dan tidak signifikan, BOPO berpengaruh negatif terhadap ROA dan signifikan, FDR berpengaruh positif terhadap ROA dan signifikan. Sedangkan penelitian uji-F/Simultan CAR, NPF, BOPO dan FDR bersama-sama berpengaruh terhadap ROA dan signifikan. Kemampuan prediksi dari keempat variabel tersebut terhadap ROA sebesar 75,26% sedangkan sisanya 24,74%  dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi manajemen Bank Umum Syariah dalam mengelola perusahaan.

Kata Kunci: Analisis CAR,NPF,BOPO dan FDR untuk mengukur tingkat   kesehatan, serta pengaruhnya terhadapROA.

Published

2020-02-24

How to Cite

DARSITA, I. (2020). ANALISIS CAR, NPF, BOPO DAN FDR UNTUKMENGUKUR TINGKAT KESEHATAN, SERTA PENGARUHNYA TERHADAPROA ( Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah/BUSYangTerdaftardi BEI ). JURNAL SeMaRaK, 3(1), 96–113. https://doi.org/10.32493/smk.v3i1.4513