Analisis.Strategi.Bisnis.Dengan.Menciptakan.Brand.Awareness Untuk.Meningkatkan.Customer.Satisfaction (Studi.Kasus.KONNUKONI.Kopi)

Authors

  • Selvy Dwi Widiyanti UNIVERSITAS PAMULANG

DOI:

https://doi.org/10.32493/smk.v3i3.7233

Abstract

Perputaran waktu yang begitu cepat, membuat terjadinya perubahan budaya sesuai dengan zamannya. Berdasarkan sisi budaya, kedai kopi dijadikan sebagai pusat untuk berinteraksi sosial oleh masyarakat dimana masyarakat dapat berkumpul, bercengkrama dan berbicara dengan bebas. Awalnya masyarakat hanya mengenal warung kopi namun seiring dengan kemajuan teknologi informasi, perkembangan zaman dan asimilasi budaya barat dan lokal, pengusaha warung kopi berinsiatif membuat warung kopi berkonsep kafe atau kedai. Persaingan dalam dunia bisnis saat ini semakin lama semakin terasa tajam. Perkembangan kafe pada saat ini juga telah mengalami persaingan yang kompetitif. Fenomena seperti ini menjadikan para pengusaha kedai kopi diharuskan untuk lebih kreatif dan inovatif serta memiliki strategi yang terbaik guna mencapai omset penjualan. Peneliti melakukan penelitian di sebuah kedai kopi di Tangerang Selatan. Kedai kopi ini adalah salah satu jenis Usaha kecil dan Menengah yaitu Kedai KONNUKONI Kopi. Peneliti menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dan menganalisisnya menggunakan Analisis SWOT. Data ini bersumber dari data…primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara mendalam (in-depth interview) dengan pemilik dan pegawai kedai Konnukoni kopi..dan..data sekunder diperoleh dengan cara membaca, mempelajari, dan mencari serta menelaah melalui sumber dari literatur serta bukubuku yang memiliki keterkaitan. Hasil dari penelitian dengan menggunakan analisis SWOT dan Matriks TOWS terdapat pada kuadran terdapat pada kuadran IV memiliki posisi persaingan yang kuat akan tetapi berada dalam pertumbuhan industri yang lambat. Organisasi / perusahaan / pengusaha memiliki kekuatan untuk meluncurkan program-program diversifikasi ke dalam area-area bisnis yang tumbuh dan menjanjikan serta memiliki tingkat cash flow yang tinggi. Menurut peneliti terdapat dua strategi yang cocok diterapkan pada kedai/kafe Konnukoni kopi diantaranya strategi penetrasian pasar dan strategi pengembangan produk..

 

Kata.Kunci : Brand.Awareness, Strategi.Bisnis, dan.Customer.Saticfaction

Published

2020-10-06

How to Cite

Widiyanti, S. D. (2020). Analisis.Strategi.Bisnis.Dengan.Menciptakan.Brand.Awareness Untuk.Meningkatkan.Customer.Satisfaction (Studi.Kasus.KONNUKONI.Kopi). JURNAL SeMaRaK, 3(3), 120–130. https://doi.org/10.32493/smk.v3i3.7233