Mendorong Pola Pikir Dan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Generasi Z Di SMKS Pasundan 1 Kota Serang

Authors

  • Rahadian Amrullah Universitas Pamulang
  • Putri Wulandari Universitas Pamulang

Abstract

Di era globalisasi ini di dunia industri lebih dikenal dengan revolusi industry 4.0 bahkan beberapa tahun kedepan akan berubah ke 5.0 mendorong negara-negara untuk memiliki sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan terampil berwirausaha untuk memberikan dampak positif dalam berkontribusi bagi pertumbuhan serta pembangunan ekonomi negara-negara tersebut. Saat ini, generasi muda di Indonesia yang diharapkan mampu memberikan inspirasi untuk menciptakan lapangan kerja baru melalui usaha- usaha yang mereka dirikan adalah generasi Z yang merupakan generasi dengan kelahiran setelah tahun 1995 dan generasi ini merupakan masa depan ekonomi global. Generasi Z telah terbiasa dnegan digitalisasi dan aktualisasi diri merupakan prioritas mereka. Generasi Z hidup dan bertumbuh dalam struktur keluarga yang beragam dan memiliki perilaku ekonomi yang berbasis digital. Berdasarkan data BPS 2020, lulusan SMA dan SMK masih banyak yang menganggur, maka perlu adanya perombakan terhadap paradigma dan kurikulum di SMA maupun SMK. Tujuan dari kegiatan pengabdian masayarakat ini untuk mengedukasi siswa dan siswi yang sebagai generasi Z untuk memiliki ilmu serta pengetahuan untuk berwirausaha. Metode pengabdian ialahmenggunakan powerpoint untuk menyampaikan materi-materi tentang kewirausahaan dan dibantu oleh mahasiswa dengan membuat produk daur ulang yang bisa di manfaatkan menjadi barang yang bernilai jual. Menjadi seorang wirausaha lebih daripada sebuah pekerjaan. Berwirausaha adalah suatu prinsip yang akan mempengaruhi strategi karir berwirausaha. Menjadi seorang wirausaha harus mempunyai jiwa inovatif dan kreatif. Wirausahawan juga harus mampu merencanakan, mengambil resiko, mengambil keputusan dan mengambil tindakan untuk mencapai tujuan. Adapun saran dari penulis adalah untuk bisa mendorong pola pikir serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan atau enterprenurship kepada generasi Z bagaiamana mana generasi Z yang sudah memiliki kelebihan dibidang teknologi untuk terus mengembangkan pengetahuannya dengan memanfaaatkan teknologi tersebut untuk mencari sebuah informasi dan belajar membuat suatu usaha.

Kata kunci : Generasi Z, Kewirausahaan, Menumbuhkan jiwa kewirausahaan

References

Cardella, G. M., Hernández-Sánchez, B. R. & Sánchez García, J. C. (2020). Entrepreneurship and Family Role: A Systematic Review of a Growing Research. Frontiers in Psychology, 10(1), 2939.

Grow, J. & S Yang. (2018). Generation-Z Enters the Advertising Workplace: Expectations Through a Gendered Lens. Journal of Advertising

Education, 22(1),

Hinduan, Z. R., Anggraeni, A. & Agia, M. I. (2020). Generation Z in Indonesia: The Self- Driven Digital. The New Generation Z in Asia: Dynamics, Differences, Digitalisation, 121-134.

Irawanto, D. W., & Novianti, K. R. (2021). Entrepreneurship education in higher education: optimizing innovative behaviour of z generation. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 7(1), 11-

Kutlák, J. (2021). I Individualism and Self- Reliance of Generations Y and Z and their Impact on Working Environment: An Empirical Study Across 5 European Countries Problems and Perspectives in Management, 19(1), 39-52.

Liu, X., Lin, C., Zhao, G. & Zhao, D. 2019. (2019). Research on the Effects of Entrepreneurial Education and Entrepreneurial Self-Efficacy on College Students' Entrepreneurial Intention. Frontiers in Psychology, 10(1), 869.

Mahmoud, A. B., Fuxman, L., Mohr, I., Reisel, W. D., & Grigoriou, N.

(2021). We Aren't Your Reincarnation, Workplace Motivation Across X, Y and Z Generations. International Journal of Manpower, 42(1), 193- 209.

Magano, J., Silva, C., Figueiredo, C., Vitória, A., Nogueira, T., & Pimenta Dinis, M. A. (2020). Generation Z: Fitting project management soft skills competencies—A mixed-method approach. Education sciences, 10(7), 187.

Shi, Y., Yuan, T., Bell, R. & Wang, J. (2020). Investigating the Relationship Between Creativity and Entrepreneurial Intention: The Moderating Role of Creativity in the Theory of Planned Behavior. Frontiers in Psychology, 11(1), 1209.

Susilo, A., Djatmika, E. T., Mintarti, S. U., & Wahyono, H. (2019). The entrepreneurial learning of generation z students in industrial revolution era

0 (a case study in Tertiary Education of Yogyakarta and Surakarta, Indonesia). International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(9), 96-113.

Priporas, C., Stylos, N. & AK Fotiadis. 2017. (2017). Generation Z Consumers' Expectations of Interactions in Smart Retailing: A Future Agenda. Computers in Human Behavior, 77(1), 374-381.

Wang, S. M., Yueh, H. P., & Wen, P. C. (2019). How the New Type of Entrepreneurship Education Complements the Traditional One in Developing Entrepreneurial Competencies and Intention. Frontiers in Psychology, 10(1), 2048.

Wasilczuk, J. E., & Richert-Kaźmierska,

A. (2020). What potential entrepreneurs from generation Y and Z lack-IEO and the role of EE. Education Sciences, 10(11), 331.

Weiss, J., Anisimova, T., & Shirokova, G. (2019). The translation of entrepreneurial intention into start-up behaviour: The moderating role of regional social capital. International Small Business Journal, 37(5), 473-

Zhang, J., & Huang, J. (2021). Entrepreneurial Self-Efficacy Mediates the Impact of the Post

pandemic Entrepreneurship Environment on College Students' Entrepreneurial Intention. Frontiers in Psychology, 12(1), 643184.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles