Meningkatkan Pendapatan Dengan Pengolahan Limbah Kaleng Menjadi Produk Multifungsi Terhadap Siswa Dan Siswi SMK Pasundan 1 Kota Serang

Authors

  • Romauli hutagalung Universitas Pamulang

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah salah satu dari tiga unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Dalam era modern ini, kegiatan daur ulang dan pengolahan limbah menjadi semakin penting untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem. Salah satu jenis limbah yang sering ditemui adalah kaleng bekas, yang biasanya digunakan untuk makanan dan minuman kemasan. Masih banyaknya siswa dan siswi yang perlu diedukasi dalam megelolah limbah kaleng manjadi produk multifungsi. Melakukan pengembangan produk dengan lebih inovatif dan kreatif untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan daya jual produk. Misalnya, mengembangkan produk- produk dengan kemasan yang menarik dan bermanfaat. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui kegiatan yaitu perijinan, observasi, sosialisasi program, penyuluhan dan penyadaran danevaluasi pelatihan. Hasil pengabdian ini untuk menyampaikan tentang bagaimana cara meningkatkan pendapatan dengan pengolahan limbah kaleng menjadi produk multifungi. Dan kemudian dilanjutkan bagaimana cara menghitung


 

 

HPP sebuah produk tersebut sampai ke tahap pemasaran nya. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa pengolahan limbah kaleng menjadi produk multifungsi adalah solusi yang efektif dalam mengurangi masalah limbah dan meningkatkan pendapatan. Selain itu, pendekatan ini juga berkontribusi pada upaya perlindungan lingkungan dan pengelolaan limbah yang berkelanjutan. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi pijakan bagi pihak-pihak terkait untuk melanjutkan dan mengembangkan pengolahan limbah kaleng menjadi produk multifungsi dengan lebih lanjut. Salah satu saran yang kami berikan adalah melakukan inovasi dalam proses pengolahan limbah kaleng. Melalui penelitian dan pengembangan, upaya dapat dilakukan untuk menemukan metode pengolahan yang lebih efisien, ramah lingkungan, dan berbiaya rendah. Misalnya, eksplorasi penggunaan teknologi canggih seperti pemrosesan termal atau proses kimia yang lebih efektif dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik dan biaya produksi yang lebih rendah.

 

Kata Kunci; PKM, Daur ulang, limbah kaleng , pendapatan, Produk multifungsi

References

Abdullah, S. (2019). Penelitian ini menggambarkan proses pengolahan limbah kaleng aluminium menjadi bahan baku yang dapat digunakan dalam industri lain, seperti industri konstruksi atau manufaktur, sehingga meningkatkan pendapatan.

Kurniawati. (2018, 12 06).

PEMANFAATAN LIMBAH KALENG SEBAGAI

PRODUK KERAJINAN FUNGSIONAL ESTETIS DALAM PEMBERDAYAAN INDUSTRI KREATIF MASYARAKAT DI SEKITAR TPS PAJANG, SURAKARTA.

Nady. (2022). Inovasi Produk: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Contoh, dan Cara MelakukannyaInovasi Produk: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Contoh, dan Cara Melakukannya.

Pahlephi, R. D. (2022, 12 23). Reuse dalah Tujuan dan Contoh.

Peradaban, P. U. (2021, 06 19). MENGENAL REDUCE, REUSE, RECYCLE, DAN MANFAATNYA.

Putri. (2022, 12 19). Rumus Harga Pokok Produksi dan Cara Menghitungnya.

Rifaldi. (2022, 12 12). Daur Ulang Sampah Kaleng Menjadi Produk yang Bernilai Ekonomis.

Rifaldi, B. (2022, 12 12). 12

Desember 2022.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles