Pengaruh Rasa Ingin Tahu dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada kelas X IPS SMA Muhammadiyah 4 Kota Depok
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of curiosity and interest in reading on economic achievement. This study uses a quantitative approach with the Association Survey method. Data collection uses the even semester End of Year Assessment (PAT) documentation using a validated questionnaire. The prerequisite tests carried out were normality test with a sig value of 0.987, a multicollinearity test with a tolerance result of 0.914 and a VIF value of 1.094, and a heteroscedasticity test of 0.785 for curiosity and 0.357 for reading interest. The data analysis technique used is multiple linear regression test, F test, partial test (t test) and coefficient of determination test. With the results of the study: 1) Curiosity has a significant effect on economic learning achievement. 2) Interest in reading has no significant effect on learning achievement in economics. 3) Curiosity and reading interest together have a significant effect on economic learning achievement.
Keywords: Curiosity; Reading Interest; Economics Learning Achievement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa ingin tahu dan minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Survey Asosiasi. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi Penilaian Akhir Tahun (PAT) semester genap menggunakan angket yang telah divalidasi. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan nilai sig 0,987, uji multikolinieritas dengan hasil tolerance 0.914 dan nilai VIF 1.094, dan uji heterokedastisitas 0,785 untuk rasa ingin tahu dan 0,357 untuk minat baca. Tehnik analisa data yang digunakan yaitu uji regresi linier ganda, uji F, uji parsial (uji t) dan uji koefisien determinasi. Dengan hasil penelitian: 1) Rasa ingin tahu berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) Minat membaca tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) Rasa ingin tahu dan minat baca secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi.
Kata kunci : Rasa Ingin Tahu; Minat Baca; Prestasi Belajar Ekonomi.
References
Gunawan.H.I. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Penapersada
Gunawan.H.I. 2020. Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik dan analisis isi). Jurnal Eduka. Vol 5. No 1.
Marlina, Leni. Caska & Mahdum (2017). Hubungan MInat Baca dan Motivasi. Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 10 Pekanbaru. Jurnal PEKOBIS: Vol.9, No.1.
Mustari, M. 2011. Nilai karakter refleksi untuk pendidikan karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1
Rusmiati, (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol.1 no.1 februari 2017:
Suharsimi, Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Youthcorpsindonesia. (2015). Peringkat Pendidikan Indonesia di level Dunia. Diakses pada Https://www.youthcorpsindonesia.org/I/peringkat-pendidikan-indonesia-di-dunia/
Young Hwa Kim and Na-Yeun Choi (2019). Career Decision Self-Efficacy of Asian American Students: The Role of Curiosity and Ethnic Identity. The Career Development Quarterly vol: 67.