Peningkatan Hasil Belajar Membaca Teks Recount Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the results of learning to read English recount texts using the STAD Type Cooperative Learning Model for grade IX students of SMP Negeri 6 Tangerang Selatan City in the 2017/2018 academic year. The approach uses descriptive qualitative with classroom action research methods. This research was conducted in 2 cycles. The results of the research in cycle one and cycle two increased by 12%. Furthermore, classical completeness in cycle one and cycle two there was an increase of 57.9%. At the level of student activity there is an increase of 16.67%. In conclusion, the results of learning to read English recount texts using the STAD Type Cooperative Learning Model for grade IX students of SMP Negeri 6 Tangerang Selatan City have improved very well.
Keywords: Learning Outcomes of Reading Recount Text in English; STAD Type Cooperative Learning Model
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar membaca teks recount bahasa Inggris dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatannya menggunakan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus satu dan siklus dua mengalami peningkatan sebesar 12%. Selanjutnya ketuntasan klasikal pada siklus satu dan siklus dua terdapat peningkatan sebesar 57,9%. Pada tingkat aktivitas siswa terdapat peningkatan sebesar 16,67%. Kesimpulannya hasil belajar membaca teks recount bahasa Inggris menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD siswa kelas IX SMP Negeri 6 Kota Tangerang Selatan mengalami peningkatan yang Amat Baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar Membaca Teks Recount Bahasa Inggris; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
References
Arikunto, Suharsimi, Suharjono dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mujiono. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta
Gay.L.R. and Airasian Peter. (2000). Educational Research, Competencies For Analysis & Application, Sixth Edition: Late of Florida University & Boston College.
Gunawan. Heri Indra. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Penapersada
Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim M, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif UNESA Uneversity Pres, Surabaya
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Otong, Setiawan Djuharie. (2007). Gendre Dilengkapai 700 Soal Uji Pemahaman.Bandung: Yamma Widya.
Otong, Setiawan Djuharie. (2009). Panduan Materi Ujian Nasional Bahasa Inggris. Dinas Pendidikan Provinsi Banten.
Slameto. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosda
Slameto. (2006). Standar Isi dan Standar Kelulusan Tingkat SMP/MTs,Jakarta:PT. Binatama Raya.
Sudibyo, E. (2003). Beberapa Model Pengajaran dan Strategi Belajar dalam Pembelajaran IPA Fisika. Jakarta: Depdiknas.
Wasty Soemanto. (2006). Psikologi Pendidikan, Cetakan kelima. Jakarta: PT Rineka Cipta.