Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Kewirausahaan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia

Authors

  • Zulfajri Surgawai STKIP Pembangunan Makasar
  • Erni Rismawanti STKIP Pembangunan Makasar
  • Abd Chaidir Marasabessy Universitas Pamulang
  • Roni Rustandi Universitas Pamulang

Abstract

ABSTRACT

This study aims to produce and describe the feasibility of teaching materials in entrepreneurship courses. This study uses the Research and Development (R&D) method which aims to produce new products through the development process. Research subjects include material experts and design experts at the STKIP Development Indonesia Economic Education Study Program. Analysis of the data used, qualitative and quantitative. The results of research and development of teaching materials for entrepreneurship courses in the form of textbooks are suitable for use in the teaching and learning process of students in the economic education study program. Based on the results of validation by material experts and design experts who previously had a percentage of data validity of 73.6%, then a revision and improvement stage was carried out until the data validity level reached 92.4%. Furthermore, the results of the assessment by design experts reached a data validity level of 97.7%.

Keywords: entrepreneurship; teaching materials

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar pada mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang bertujuan menghasilkan produk baru melalui proses pengembangan. Subjek penelitian meliputi, ahli materi dan ahli desain pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia. Analisis data yang digunakan, kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar mata kuliah kewirausahaan dalam bentuk buku ajar layak untuk digunakan pada proses belajar mengajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi maupun ahli desain yang sebelumnya memiliki persentase kevalidan data sebesar 73,6% kemudian dilakukan tahap revisi dan perbaikan hingga tingkat kevalidan data mencapai 92,4%. Selanjutnya hasil penilaian oleh ahli desain yang mencapai tingkat kevalidan data sebesar 97,7%.

Kata Kunci: kewirausahaan; bahan ajar

References

B.P. Sitepu. (2014). Pengembangan sumber belajar. Raja Grafindo Persada.

Candra Rolisca, R. U., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Sma Brawijaya Smart School (Bss). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1), 41–48. https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2706

Daryanto, & Cahyono, A. D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar) (D. Purwanto (ed.)). Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar (p. 37).

https://id.scribd.com/doc/189740752/Pedoman-Memilih-Dan-Meyusun-Bahan-Ajar

Indonesia, P. R. (2002). Undang Undang No.18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional, Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. September, 1–35. http://www2.pom.go.id/public/hukum_perundangan/pdf/Pengamanan rokok bagi kesehatan.pdf

Indonesia, P. R. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia, P. R. (2015). Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 23. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

KBBI. (2020). Perangkat Pembelajaran. Kamus Versi Online/Daring. https://kbbi.web.id/ajar

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (edisi 5). Indeks.

Malalina, & Kesumawati, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 55–70. https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1861.55-70

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (Cet.1). Alfabeta.

Norjannah, S. (2015). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015.Permenristek. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Surgawai, Z., Rismawanti, E., Marasabessy, A. C., & Rustandi, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Kewirausahaan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Pembangunan Indonesia. Wiyatamandala, 1(2), 179–191. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/13338