Pengaruh Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar
Abstract
ABSTRACT
The Effect of Self-Reliance on Learning Achievement. This study aims to determine whether there is a positive and significant influence between the attitude of independence on student achievement in Pancasila and Citizenship Education Subjects. The research method used in this research is the quantitative approach correlation method, which looks at the influence of the variables studied, namely the influence of students' independent attitudes on learning achievement in Pancasila and Citizenship Education Subjects in Class X Marketing at SMK Sirajul Falah Parung. Through answers to questionnaires or questionnaires given to students who are the target subjects studied. The target population is1066 students, while the reachable population is 136 students. In sampling, the authors took samples using the Slovin formula, from 4 affordable population classes in order to obtain a sample of 101.
Keywords: Independence; Learning achievement.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap kemandirian terhadap prestasi belajar siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi pendekatan kuantitatif, yakni melihat pengaruh antara variabel yang diteliti yaitu Pengaruh Sikap Kemandirian Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Kelas X Pemasaran SMK Sirajul Falah Parung. Melalui jawaban dari angket atau kuesioner yang diberikan kepada peserta didik yang menjadi target subjek yang diteliti. Populasi target 1066 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau ada sebanyak 136 peserta didik. Dalam pengambilan sampel, penulis mengambil sampel dengan menggunakan rumus slovin,dari 4 kelas populasi terjangkau sehingga didapatkan Sampel sebanyak 101.
Kata Kunci: Kemandirian; Prestasi belajar.
References
Arsyad, A. (2020). Pengembangan Model Dan Alat Penilaian Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd Dan Mi.
Ayundhaningrum, Y., &Siagian, R. (2017). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 23-32.
Fadma, M. W., Lukman, L., & Resnani, R. (2019). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan dengan Kemandirian Siswa Kelas IV dan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2), 103-109.
Fauzan. 2017. Kurikulum pembelajaran. Tangerang Selatan:Gaung Persada.
Febriansyah, S. (2015). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi SiswaKelas XI IPS SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada, 22.
Kartika, A. S. (2017). Sikap Peserta Didik Pada Instruktur Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Pada Pelatihan Kerja Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (Bbplk) Semarang (Doctoral Dissertation, UniversitasNegeri Semarang).
Mahsyar, L. M. K. T., Mujiburrahman, M., & Najamuddin, M. (2019). Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Lembar Kabupaten Lombok Barat. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(7).
Marjanti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa XII IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurna lKonseling GUSJIGANG, 1(2).
Muhibbun S. 2010. Psikologi pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi social keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.