Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VIII A SMPN 2 Kalirejo Tahun 2019

Authors

  • Rita Munindarwati SMP Negeri 2 Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study is to find out whether the STAD type of cooperative learning model can improve student learning outcomes in science subjects for Class VIII A SMP Negeri 2 Kalirejo in 2019. The approach used is qualitative with the type of Class Action Research (CAR). Student learning outcomes data obtained from the value of observations and assessments at each meeting. From this classroom action research, it is concluded that learning with the STAD model can improve student learning outcomes in science subjects for class VIII A SMP Negeri 2 Kalirejo. Therefore, it is suggested to teachers in an effort to improve the quality of the learning process and student learning outcomes, teachers should be able to use the STADS learning model.

Keywords: learning outcomes; science subjects; STAD model

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalirejo tahun 2019. Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai hasil pengamatan dan penilaian pada setiap pertemuan. Dari penelitian tindakan kelas ini diperoleh simpulan bahwa, pembelajaran dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalirejo. Oleh karena itu disarankan kepada guru dalam upaya meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar siswa hendaknya guru dapat menggunakan model pembelajaran STADS.

Kata Kunci: hasil belajar; mata pelajaran IPA; model STAD

References

Arikunto, Suharsimi, ( 2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Aidin Adlan, M.Pd dan Dr Rinderiyana, M.Pd. (2011). Bimbingan Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia

Bahrul Hayat. (2010). Mutu Penidikan, Bumi Aksara. Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta

Depdiknas. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP/Mts. Diknas. Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Hamalik, Oemar (2015). Proses Belajar Mengajar.Jakarta : PT. Bumi Aksara

I.G.A.K Wardani, dkk. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.Jakarta

Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Mendiknas No. 24 Tahun 2006. Tentang Pelaksanaan Peraturan Mendiknas No. 22 dan 23 Tahun 2006. Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Grafindo. Jakarta

Slavin, Robert E. (2017). Cooperative Learning:theory, research ang practice (N. Yusron, Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhinya. Rikena Cipta. Jakarta.

Sudjana, Nana. (2017). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Sinar Baru Algensindo Offset.Bandung

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sumadi, Suryabrata. (2018). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo. Jakarta

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta Kencana Prenada Group.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Munindarwati, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VIII A SMPN 2 Kalirejo Tahun 2019. Wiyatamandala, 1(2), 259–270. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/13344