Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Siswa Kelas VIII A SMPN 2 Kalirejo Tahun 2019
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study is to find out whether the STAD type of cooperative learning model can improve student learning outcomes in science subjects for Class VIII A SMP Negeri 2 Kalirejo in 2019. The approach used is qualitative with the type of Class Action Research (CAR). Student learning outcomes data obtained from the value of observations and assessments at each meeting. From this classroom action research, it is concluded that learning with the STAD model can improve student learning outcomes in science subjects for class VIII A SMP Negeri 2 Kalirejo. Therefore, it is suggested to teachers in an effort to improve the quality of the learning process and student learning outcomes, teachers should be able to use the STADS learning model.
Keywords: learning outcomes; science subjects; STAD model
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalirejo tahun 2019. Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai hasil pengamatan dan penilaian pada setiap pertemuan. Dari penelitian tindakan kelas ini diperoleh simpulan bahwa, pembelajaran dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalirejo. Oleh karena itu disarankan kepada guru dalam upaya meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar siswa hendaknya guru dapat menggunakan model pembelajaran STADS.
Kata Kunci: hasil belajar; mata pelajaran IPA; model STAD
References
Arikunto, Suharsimi, ( 2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Aidin Adlan, M.Pd dan Dr Rinderiyana, M.Pd. (2011). Bimbingan Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia
Bahrul Hayat. (2010). Mutu Penidikan, Bumi Aksara. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta
Depdiknas. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP/Mts. Diknas. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Hamalik, Oemar (2015). Proses Belajar Mengajar.Jakarta : PT. Bumi Aksara
I.G.A.K Wardani, dkk. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.Jakarta
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Mendiknas No. 24 Tahun 2006. Tentang Pelaksanaan Peraturan Mendiknas No. 22 dan 23 Tahun 2006. Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Grafindo. Jakarta
Slavin, Robert E. (2017). Cooperative Learning:theory, research ang practice (N. Yusron, Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Slameto, (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhinya. Rikena Cipta. Jakarta.
Sudjana, Nana. (2017). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Sinar Baru Algensindo Offset.Bandung
Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sumadi, Suryabrata. (2018). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo. Jakarta
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta Kencana Prenada Group.