Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cinangka

Authors

  • Aty Najmiati SMAN 1 Cinangka

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model drill pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Cinangka. Metode yang digunakan Quasi Eksperimen, populasinya seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Cinangka, sampelnya kelas X IPS. Teknik samplingnya ialah purposive sampling. Hasil penelitian ini: (1) Pembelajaran berbasis komputer model simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa apabila diikuti dengan minat yang tinggi dan kemampuan mengoperasikan komputer, (2) keberhasilan pembelajaran berbasis komputer model simulasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dikarenakan faktor pendukung pembelajaran berbasis komputer telah terpenuhi, (3) pembelajaran berbasis komputer model simulasi efektif meningkatkan hasil belajar siswa apabila faktor penghambat dapat teratasi dengan melengkapi sarana prasarana, memberikan pelatihan komputer untuk guru serta pengaturan jadwal penggunaan laboratorium komputer terorganisir dengan baik. Implikasinya dalam menerapkan model pembelajaran berbasis komputer guru hendaknya melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Komputer; Hasil Belajar.

References

Amirul, H. Haryono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Brown, J.W. Lewis, R.B. Harcleroad, F.F. (1973). AV Instruction Technology, Media, and

Methods. Mc-Graw Hill Book Company.

Fraenkel, J.R. Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education.

USA: Mc-Hill Inc

Hackbarth,S. (1996). The Educational Technology handbook a Comprehensive Guide

Process and Products for Learnig. New Jersey: Educational Technology

Publications Englewood Cliffs

Mulyasa. (2005). Manajemen Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas

_________,. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution, M.A. (2006). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman. (2007). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk

Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah

Menengah Kejuruan. Disertasi: tidak dipublikasikan. Bandung: UPI Bandung

Sadiman, Arif, Raharjo, A.S, Haryono, dan Raharjito. (1986). Media Pendidikan

Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan, Jakarta: PT Rajagrafindo

Perkasa

Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: alfabeta

Sanjaya, W. (2002). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: San Grafika

Sudjana, N. Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Algensindo

Sujana, N. Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S. (2004), Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: Yayasan

Kesuma Karya.

Wahya, U. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Tuntas Untuk Meningkatkan

Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Madrasah Aliyah. Tesis

tidak dipublikasikan. Bandung: UPI

Winkel,W.S. (1985) Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

Najmiati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cinangka. Wiyatamandala, 2(1), 1–13. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/19184