Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cinangka
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran berbasis komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model drill pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Cinangka. Metode yang digunakan Quasi Eksperimen, populasinya seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Cinangka, sampelnya kelas X IPS. Teknik samplingnya ialah purposive sampling. Hasil penelitian ini: (1) Pembelajaran berbasis komputer model simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa apabila diikuti dengan minat yang tinggi dan kemampuan mengoperasikan komputer, (2) keberhasilan pembelajaran berbasis komputer model simulasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dikarenakan faktor pendukung pembelajaran berbasis komputer telah terpenuhi, (3) pembelajaran berbasis komputer model simulasi efektif meningkatkan hasil belajar siswa apabila faktor penghambat dapat teratasi dengan melengkapi sarana prasarana, memberikan pelatihan komputer untuk guru serta pengaturan jadwal penggunaan laboratorium komputer terorganisir dengan baik. Implikasinya dalam menerapkan model pembelajaran berbasis komputer guru hendaknya melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Komputer; Hasil Belajar.References
Amirul, H. Haryono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Brown, J.W. Lewis, R.B. Harcleroad, F.F. (1973). AV Instruction Technology, Media, and
Methods. Mc-Graw Hill Book Company.
Fraenkel, J.R. Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education.
USA: Mc-Hill Inc
Hackbarth,S. (1996). The Educational Technology handbook a Comprehensive Guide
Process and Products for Learnig. New Jersey: Educational Technology
Publications Englewood Cliffs
Mulyasa. (2005). Manajemen Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas
_________,. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution, M.A. (2006). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Rusman. (2007). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk
Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah
Menengah Kejuruan. Disertasi: tidak dipublikasikan. Bandung: UPI Bandung
Sadiman, Arif, Raharjo, A.S, Haryono, dan Raharjito. (1986). Media Pendidikan
Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan, Jakarta: PT Rajagrafindo
Perkasa
Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: alfabeta
Sanjaya, W. (2002). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: San Grafika
Sudjana, N. Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Algensindo
Sujana, N. Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N.S. (2004), Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: Yayasan
Kesuma Karya.
Wahya, U. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Tuntas Untuk Meningkatkan
Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Madrasah Aliyah. Tesis
tidak dipublikasikan. Bandung: UPI
Winkel,W.S. (1985) Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia