Pendidikan Dalam Jaringan

Authors

  • Nurmawati Nurmawati Kementrian Agama Kota Banda Aceh

Abstract

Penyebaran virus covid-19 sangat cepat, membuat dunia Pendidikan berduka, termasuk Indonesia. Seluruh peserta didik harus mendapatkan Pendidikan melalui daring (pendidikan dalam jaringan). Guru sebagai pendidik harus benar-benar siap menghadapinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tersedianya fasilitas dan efektifitas pembelajaran daring di MTsN 3 Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan guru dan siswa kelas VII, VIII, dan IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masalah dalam proses pembelajaran seperti kendala teknologi (Smartphone dan laptop) yang juga disebabkan oleh faktor ekonomi. Selain itu, guru juga mengalami kendala seperti belum tahu bagaimana cara menggunakan zoom meeting, membuat ppt dan animasi. Kata Kunci: Covid -19; Pembelajaran Daring; Belajar

References

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat

sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11 (2), 13-25.

Ayriza, Y., & Wardani, A. (2021). Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 772-782.

AZIZAH, E. N., Tanto, O. D., Naningtias, S. A., & Rahmawati, R. U. (2021). MENYUSUN KURIKULUM PAUD (PERENCANAAN PEMBELAJARAN DARI RUMAH SELAMA MENGHADAPI PANDEMI COVID-19). IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(1), 14-19.

Gustianova, N. (2021). STRATEGI ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DARING SISWA SAAT MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI LAPANGAN DI TELAGA DEWA 7 RT 14 RW 03 KELURAHAN PAGAR DEWA KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU) (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020

Jurnal Warta Edisi : 56 April 2018 | ISSN : 1829 - 7463 Universitas Dharmawangsa PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN Oleh : Ananda Hadi Elyas

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal IlmiahPendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia Diakses Pada Tanggal 3 Januari 2021 Jam 10.00

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp

Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI).

https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204 Diakses Pada Tanggal 3 Januari 2020 Jam 10.00

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

Nurmawati, N. (2022). Pendidikan Dalam Jaringan. Wiyatamandala, 2(1), 33–41. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/19186