Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X BKP 2 SMK Negeri 2 Sragen
Abstract
Tujuan penelitian mendiskripsikan proses dalam meningkatkan motivasi belajar, prestasi belajar pengetahuan dan ketrampilan dan perilaku siswa kelas X BKP 2 di SMK Negeri 2 Sragen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran mekanika Teknik. Teknik analisis data observasi, angket, wawancara, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian prestasi pengetahuan siklus 1 sebesar 71,4% siklus 2 sebesar 100% meningkat 35,7 %, prestasi ketrampilan siklus 1 sebesar 70,7% siklus 2 sebesar 100% meningkat 32,1%. Rerata motivasi belajar siklus 1 sebesar 79,8% siklus 2 sebesar 91,1% meningkat sebesar 11,3%. Kesimpulannya Pelaksanaan metode PBL membawa dampak positif pada proses pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik. Dampak proses pelaksanaan PBL dengan motivasi berprestasi bahwa ada peningkatan perilaku belajar peserta didik yang telah terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar. Kata kunci: Model Problem Based Learning; Pretasi BelajarReferences
Hamalik Oemar , 2014. Kurikulum dan Pembelajaran.PT.Bumi Aksara : Jakarta.
Hamzah B. Uno & Masri Kuadrat. 2008. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim, Muslimin dan Mohammad Nur. 2006. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Gaung Persada (GP Press)
Muhibbin Syah. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurjanah. (2004), Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Salemba Medika
Roestiyah ; 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Wali Pers
Subyantoro, M.Hum. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang. UNNES PRESS
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sumantri. Mohamad Syarif.2015. Strategi Pembelajaran.PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sudjana, Nana.2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.PT.Remaja Rosdakarya Offiset: Bandung.
Trianto 2009, Model Pembelajaran Terpadu dalam teori dan Praktek.Jakarta: Prestasi Pustaka