Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Menyusun Penilaian Kinerja Guru (Pk-Guru 360â°) Melalui Bimbingan Pelatihan Pada SMP Binaan Kota Tangerang Selatan Tahun 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun Penilaian Kinerja Guru (PK-Guru 360â°) melalui bimbingan pelatihan terhadap kepala sekolah SMP binaan Kota Tangerang Selatan tahun 2022. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah diadopsi dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan terhadap keaktifan kepala sekolah dalam mengikuti pelatihan dan menilai kompetensi kepala sekolah dalam menyusun Penilaian Kinerja Guru (PK-Guru 360â°). Pada akhir penelitian peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun Penilaian Kinerja Guru (PK-Guru 360â°), diperoleh kriteria penilaian dengan katagori Amat Baik, hal ini dibuktikan pada siklus satu nilai rata-rata kompetensi kepala sekolah dalam menyusun Penilaian Kinerja Guru (PK-Guru 360â°) sebesar 73,96 dan siklus dua 92,35 dengan peningkatan sebesar 18,39 %. Pada tingkat aktivitas kepala sekolah terdapat peningkatan sebesar 21,15 % dari siklus satu ke siklus dua ,data hasil siklus satu sebesar 68,27 % dan siklus dua 89,42 %. artinya kepala sekolah sudah mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi dalam menyusun Penilaian Kinerja Guru (PK-Guru 360â°) melalui bimbingan pelatihan dengan katagori Amat Baik. Maka upaya meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun Penilaian Kinerja Guru (PK-Guru 360â°) melalui bimbingan pelatihan terhadap kepala sekolah SMP binaan Kota Tangerang Selatan tahun 2022 mengalami peningkatan yang Amat Baik.
Kata Kunci: Kompetensi Kepala Sekolah; Menyusun PK-Guru 360â°; Bimbingan PelatihanReferences
Alfaris, Sujoko. (2012). Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penabur. 11 (18): 27-39 Diakses pada 17 Februari 2022
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dkk, (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Drayton, Scott, (2013). The Advantages and Disadvantages of In-House Training, Diakses pada , 15 April 2022 http://www.businesszone.co.uk/community-voice/blogs
Gunawan, H.I. 2020. Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Purwokerto: Pena Persada
I Nyoman Sanglah (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar.( Vol. 4 , No. 3, Oktober : hal 528-534) 2021: Jurnal Paedagogi dan Pembelajaran: Tabanan, Dikakses pada 05 September 2022, Url https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index
Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E.(2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nawawi, H. (1983). Administrasi dan Organisasi Bimbingan dan Penyuluhan. Penerbit: Jakarta: Ghalia Indonesia
Sagala, H. Syaiful, (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Sumirah (2020) Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dalam MelaksanakanPenilaian Kinerja Guru Melalui Bimbingan Berkelanjutan Menggunakan Microsoft Excel di TK Binaan Kota Palopo.( Vol 9, No. 2, Mei :239-252) 2020 : Jurnal Didaktika. Diakses pada 03 Oktober 2022.Url https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/34
Syah, Muhibbin, (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Undang-undang No.14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen
-------Permen PAN dan RB Nomor 6 tahun 2022 Tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara
--------Permendikbud No. 15 tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah
-------Buku 2 PKG (2018) Penilaian Kinerja Guru dan Tugas Tambahan.
--------Permendikbud No 53 Tahun 2015 Tentang Panduan Penilian Untuk Sekolah Menengah Pertama
-------Permen PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
--------Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Atas. 2008. Panduan Penyelengaraan Program instisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI). Departemen Pendidikan Nasional.
--------Permendiknas RI No.16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru