Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Sasmita Jaya 2 Tangerang Selatan

Authors

  • Heri Indra Gunawan Universitas Pamulang
  • Siti Zubaidah Universitas Pamulang
  • Dadang Dadang Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
Otomotif SMK Sasmita Jaya 2 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan
kuantitatif. Populasinya siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
Otomotif berjumlah 61 siswa dan sampel berjumlah 53 siswa. Teknik analisis data
menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian dari variable (X1) Reward dan
(X2) Punishment terhadap (Y) Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian  Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Sasmita Jaya 2 Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan IBM SPSS versi 21 diperoleh output coefficients nilai a=2,168 dan nilai b= 0,210 dan 0,756. Maka disimpulkan persamaan regresi linier bergandanya Y= 2,168 + 0,210 + 0,756x. Dengan demikian terdapat pengaruh (X1) Reward dan (X2) Punishment terhadap (Y) Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Sasmita Jaya 2 Kota Tangerang Selatan secara signifikan. Hal ini diperkuat dengan tingkat besaran pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa dengan presentasi sebesar 37,7% dan 62,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi linier bergandanya adalah Y= 2,168 + 0,210 + 0,756x.

Kata Kunci: Reward; Punisment; Motivasi belajar.

References

Abdul Rohmat. 2017. Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa Di

MA Islamiyah Ciputat. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN)

Abdul Hamid, (2016), “Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran.

Pendidikan Agama Islam di SMP 17 Kota Palu.

Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga: STAIN. Salatiga press.

Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputri, Mar’atul Latifah Dwi. 2017. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi

Belajar Kelas I MIM Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.

Online. https://www.google.co.id (Diakses Tanggal 26 Oktober 2022 Pukul 15.05

WIB).

Sari, Apriza Permata. Pengaruh Metode Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Tahfidz Di SDIT Al-Qalam Bengkulu Selatan. Al-

Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2019, 4.2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaifurrahman dan Tri Ujiati. 2013.Manajemen DalamPembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Tatang. (2015). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

UU No 20 Tahun 2003 Pasal 31 Ayat 1 sampai 5. Mengenai Sistem Pendidikan Nasional.

Published

2023-08-29

How to Cite

Gunawan, H. I., Zubaidah, S., & Dadang, D. (2023). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Sasmita Jaya 2 Tangerang Selatan. Wiyatamandala, 3(2), 1–25. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/33775