Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Prodi PPKn pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran PKn melalui Metode Resitasi

Authors

  • Alinurdin Universitas Pamulang
  • Dede Siswandi Universitas Pamulang
  • Ambiro Puji Asmaroini Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yaitu, “Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran PKn melalui Metode Pembelajaran  Resitasipada materi Menghitung Skor  Butir  Soal  di  Program Studi  PPKn. Proses perkuliahan diharapan mampu meningkatkan mahasiswa dalam berfikir kritis, bertanggung jawab, kreatif, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode resitasi dapat meningkatkan keaktifan belajar.Sistem pembelajaran yang mengutamakan penanaman kemandirian serta rasa tanggung jawab melalui pengerjaan soal tentang materi yang diajarkan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa   yang berjumlah 44 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk soal tes, observasi, catatan lapangan, wawancara. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengukur indikator keberhasilan yang sudah dirumuskan. Untuk mengukur  peningkatan  keaktifan belajar  peserta  didik  pada  pembelajaran. Evaluasi  Pembelajaran    yaitu  hasil  tes  yang  dilaksanakan  pada  setiap  siklusnya  dengan ketentuan skor 0 sampai 100 dengan target keberhasilan 75%atau sesuai dengan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM), yakni 75 kemudian dari hasil tes kemudian dari hasil tes persiklusnya diambil prosentase ketuntasan belajar untuk mengetahui peningkatan koneksi Evaluasi Pembelajaran PKn dari siklus kesiklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil perhitungan akhir siklus I dan II hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pendekatan metode pembelajaran resitasi pada siklus II, lebih tinggi dari pada hasil belajar Evaluasi Pembelajaran PKn mahasiswa dengan proses pembelajaran pada siklus I. Dengan penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan metode pembelajaran resitasi, mendapat nilai yang maksimal yaitu dapat dilihat dari hasil akhir siklus I (73,68%) dan siklus II (92,10%).

Kata Kunci : Metode Resitasi, pemahaman belajar, evaluasi pembelajaran PKn

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Alinurdin, Dede Siswandi, & Ambiro Puji Asmaroini. (2024). Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Prodi PPKn pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran PKn melalui Metode Resitasi. Wiyatamandala, 4(1), 14–25. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/42749