PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP SE MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) PADA SMP BINAAN KOTA TANGERANG SELATAN 2020.
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP SE melalui In House Training (IHT) pada SMP binaan Kota Tangerang Selatan tahun 2020. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah yang diadopsi dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan terhadap keaktifan guru dalam mengikuti In House Traning (IHT) dan menilai hasil penyusunan RPP SE.Pada akhir penelitian peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP SE melalui In House Training (IHT) diperoleh kriteria penilaian dengan katagori Sangat Baik, hal ini dibuktikan pada siklus satu nilai rata-rata kompetensi guru dalam penyusunan RPP SE sebesar 74 dan siklus dua 85 dengan peningkatan sebesar 11 point. Pada tingkat aktivitas guru terdapat peningkatan sebesar 28 % dari siklus satu ke siklus dua ,data hasil siklus satu sebesar 68 % dan siklus dua 96 %. artinya guru sudah mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi dengan menyajikan penyusunan RPP SE melalui In House Training (IHT) dengan katagori Sangat Baik.Maka upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP SE melalui In House Training (IHT) pada SMP Binaan Kota Tangerang Selatan mengalami peningkatan yang Sangat Baik.
Kata Kunci: Kompetensi Guru; RPP SE; In House TrainingReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alfaris, Sujoko. 2012. Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penabur. 11 (18): 27-39 Diunduh 17 Mei 2020
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dkk, (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Atas. 2008. Panduan Penyelengaraan Program instisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI). Departemen Pendidikan Nasional.
Drayton, Scott, (2013). The Advantages and Disadvantages of In-House Training, http://www.businesszone.co.uk/community-voice/blogs , diunduh 15 Nopember 2020
Gunawan, H. I. (2020). BAHASA INDONESIA: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri.
Gunawan, H. I. (2020). Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi). Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 5(1), 10-20.
Ilham, Lukman. 2010. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikanâ€. Diakses tanggal 2 Maret 2017(digilib. unm.ac.id /.../ universitas%20negeri%20makassar-digilib-unmlukmanilha-268-...),Diunduh18Mei2020
Kunandar,(2011).Langkah Mudah Penelitian Tindakan kelas Sebagai Penegembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.
L.R. Gay & Peter Airasian. (2000). Educational Research, Competencies for & Analysis Application Sixth Edition, Figure Model.
Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
__________. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muslich, M. (2008). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan: Dasar Pengembangan dan Pemahaman. Jakarta: Grafindo
Nawawi, H. (1983). Administrasi dan Organisasi Bimbingan dan Penyuluhan. Penerbit: Jakarta: Ghalia Indonesia
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Permendiknas RI No.16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Permendikbud No 53 Tahun 2015 Tentang Panduan Penilian Untuk Sekolah Menengah Pertama
Sagala, H. Syaiful, (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin, (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana, (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang No.14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen
Warsita, Bambang, (2008) Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinnya, Jakarta: Rineka Cipta