PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MORAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran moral. Penelitain ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam, dan mengandung penjelasan secara logis sesuai dengan teori, konsep, dan prinsip-prinsip ilmiah. Data dalam penelitian ini adalah buku-buku yang ditafsirkan dan dijelaskan dengan, konsep, teori, dan prinsip-prinsip untuk memberi gambaran ilmiah pada penyjian laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran moral di kelas. Pada praperencanaan, guru menelaah Kompetensi spiritual dan social. Telaah dilanjutkankan dengan turunannya,, yaitu Kompetendi Dasar (KD) spiritual dan sosial. Kemudian guru menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) berdasarkan KD pengetahuan, dan keterampilan . Setelah Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) disusun guru berperan menentukan tujuan, materi pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, yang dituliskan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran moral adalah sebagai model pembelajaran moral, aktor yang memainkan peran pendekatan pembelajaran moral dan model pembelajaran moral. Sedangkan peran guru dalam penilaian pembelajaran moral adalah sebagai perancang, pelaksana, dan penilai hasil pembelajaran moral.
Kata Kunci : Peran guru; pembelajaran; moral
References
Abudin Nata, 2012. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group
Abdullah Sani, Ridwan. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Aunillah, Nurla. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana
Gunawan, H. I. (2020). BAHASA INDONESIA: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri.
Gunawan, H. I. (2020). Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi). Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 5(1), 10-20.
Gofur dan Iswadi. 2019. Model Pembelajaran kreatif. Tangerang Selatan:Gaung Perrsada Press.
Kurniasih dan Berlin. 2016. Revisi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena
Mulyasa. 2019. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
__________. 2019. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
_______, 2017. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bujmi Aksara
________. 2017. Revolusi Mental dalam Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Muslich, Masnur. 2015. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
.Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
________. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suseno, Franz Magnis,.1987. Etika Dasar – Masalah-masalah Pokok Filsafat. Moral, Kanisius, Yogyakarta
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003
Wahyu Kisworo, Marsudi. 2016. Revolusi Mengajar. Jakarta: Asik Generation