UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI KEGIATAN AKADEMIK DENGAN TEKNIK INDIVIDUAL DI TK BINAAN KECAMATAN PAMULANG, KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Permasalahan yang dihadapi adalah masih rendahnya kompetensi guru dalam mengajar melalui kegiatan Supervisi Akademik di TK Wilayah Binaan Kecamatan Pamulang. Melalui tulisan ini. penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTS) terhadap 6 guru Taman Kanak-kanak di Wilayah Binaan Kecamatan Pamulang.Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar melalui kegiatan supervisi akademik dengan teknik individual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, dengan dua siklus tindakan terhadap beberpa aspek, yaitu: perencanaan, pelaksnaan, tindakan dan refleksi. Rata-rata hasil penilaian terhadap 4 aspek penilaian kompetensi guru dalam mengajar, pada kondisi awal sebesar 56,18 termasuk kriteria nilai golongan (C), pada siklus pertama 74,20 termasuk kriteria nilai golongan (C) dan pada siklus terakhir sebesar 95,15 termasuk kriteria nilai golongan (Sangat Baik). Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik supervisi individual berhasil, dilihat dari beberapa aspek, seperti aspek indikator dan pendukung lainnya telah terpenuhi pada siklus kedua.
Kata Kunci: Supervisi; Akademik; Individual
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
_________________. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cherrington, J. David, 1995. The Management of Human Resource, New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Dodd, W.A. 1972. Primary School Inspection in New Countries. London: Oxford University Press.
Gunawan, H. I. (2020). BAHASA INDONESIA: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri.
Gunawan, H. I. (2020). Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi). Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 5(1), 10-20.
Harlina, 2020, Supervisi Akademik Guru Dengan Teknik Individual. Jakarta.P.T. Madiaguru Digital Indonesia
Ibrahim Bafadal. 2003. Supervisi Pengajaran: Teori Dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara
Istiqomah, 2020, Taktis Menulis Best Practice, Pedoman Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Surabaya, Mediaguru.
Majid, Abdul (2005). Perencaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Peraturan Mendikbud Republik Indonesia, 2105, Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan., 2011, Buku Kerja Pengawas Sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten
Purwanto, M. Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung:,Remaja Rosda Karya.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Riduan. 2004, Metode dan Teknik Penyusuna Tesis, Bndung Penerbit. Alfabeta
Sagala, Syaiful, 2004, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung, Penerbit. Alfabeta.
Sergiovanni J., Thomas, 1987, The Principalship a Reflective Practice Perspective, Bosto:
Allyn and Bacon, Inc
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Tilaar.H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.
Wati, Lela. 2018, Metode Penelitian Terapan, Aplikasi SPSS, Eview, Smatr PLS dan Amos