STRATEGI CERDAS HADAPI COVID-19 PENJAJA BERKUALITAS

Authors

  • FIKRON AL CHOIR Pengawas Pembina Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan

Abstract

Best Practice ini merupakan kegiatan yang luar biasa menurut penulis dimana tugas Pengawas monitoring, evaluasi, pembimbinngan pembinaan kepala sekolah dan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dalam kondisi yang sangat berat kita harus melaksakan Strategi Cerita Dari Rumah Sendiri (CERDAS) dalam menghadapi COVID 19 Pembelajaran Jarak Jauh (PENJAJA) Menjadi berkualitas, sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) melalui Google Classrom, Google Drive, Google Form, dan Quiziss dari rumah sendiri. Best Practice ini sebagai bentuk implementasi penulis ketika Pandemic Covid 19 pada awal terjadi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) para guru mengalami kesilitan dalam melakasanakan pembelajaran dari rumah, akhirnya melaksanakan kegiatan Pelatihan Virtual Penjaja (Pembelajaran JarakJauh) melalui Zoom Metting/ Webbex hasilnya pendaftar 358 peserta yang mengikuti kegiatan dari tanggal 2 s.d 9 Mei 2020 ternyata 246 peserta Lulus Ujian Pelatihan Virtual.  Langkah selanjutnya penulis melakukan monitoring pembelajaran di sekolah binaan Pembelajaran dengan Google Classrom, Google Drive, Google Form, dan Quizziss kemampuan guru  dalam dalam melaksanakan Kegiatab Belajar Mengajar (KBM) sangat meningkat dan berkualitas. 

Kata Kunci: Cerdas; Penjaja; Berkualitas

References

Anderson, K. (2006). Using Online Discussions to Provide an Authentic Learning Experience for Professional Recordkeepers. Dalam Tony Herrington & Jan

Bandalaria, M.dP. (2003). Shifting to online tutorial support system: A synthesis of experience. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 4(1), 32-41.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Dit. P2TK dan KPT,

Ditjen. Dikti, Depdiknas. Errington, E.P. (2001). The influence of teacher beliefs on flexible learning innovation in traditional university setting. Dalam Innovation in open and distance learning.

Gunawan, H. I. (2020). BAHASA INDONESIA: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri.

Gunawan, H. I. (2020). Nilai Religius dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Atas (Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi). Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 5(1), 10-20.

Herrington, Authentic Learning Environment in Higher Education, Hershey, PA: Information Science Publishing. Hal. 214-223.

Herrington, J. & Oliver, R. (2006). Professional Development for the Online Teacher: An Authentic Approach. Dalam Tony Herrington & Jan Herrington, Authentic Learning Environment in Higher Education, Hershey, PA: Information Science Publishing. Hal.283 – 295.

Iftakhar, Shampa. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences,

Jerram, C. (2006). Applying Adult Education Principles to an Undergraduate Subject. Dalam Tony Herrington & Jan Herrington, Authentic Learning Environment in Higher Education. Hershey, PA: Information Science Publishing. Hal. 107-119.

Pappas, Christopher (2015). "Google Classroom Review: Pros And Cons Of Using Google Classroom In eLearning". Diakses 1 Mei 2017, dari https://elearningindustry.com/google-classroom-review-pros-and-cons-of-using- google-classroom-in-elearning.

Downloads

Published

2021-02-23

How to Cite

CHOIR, F. A. (2021). STRATEGI CERDAS HADAPI COVID-19 PENJAJA BERKUALITAS. Wiyatamandala, 1(1), 120–133. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/9627