Implementasi Sistem Pendidikan Boarding School pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Serang dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.32493/amq.v1i1.31698Keywords:
Pendidikan, sistem, pesantren, sekolah, mutuAbstract
Peningkatan mutu pendidikan menjadi prioritas utama di semua lembaga pendidikan. Begitu pula dengan MAN 2 Kota Serang sebagai lembaga pendidikan Islam yang tengah berproses menjadi lembaga pendidikan yang bermutu bahkan menjadi lembaga pendidikan yang bermutu. Untuk mencapai hal tersebut terus dilakukan dengan menerapkan sistem pendidikan pesantren, sebagai program unggulan madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah deskripsi faktual dengan cara mengumpulkan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, triangulasi, member check dan catatan lapangan. Sedangkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sistem pendidikan pesantren dalam meningkatkan mutu pendidikan baik dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Yang kesemuanya telah tertuang dalam rencana program kerja madrasah. Seperti merencanakan tujuan, dan menyusun program pembelajaran pesantren. Dari pelaksanaan tersebut telah berjalan dengan baik, masing-masing orang tua asuh telah menerapkan sistem pendidikan pesantren sesuai dengan rencana program yang telah ditetapkan. Kemudian dari evaluasi lebih menitikberatkan pada pengawasan yang dilakukan secara periodik, sebagai indikator pelaksanaan. 2) kendala yang terjadi dalam pelaksanaan sistem pendidikan pesantren dapat dilihat dari faktor internal dan eksternal yaitu kurangnya minat dan kemauan siswa untuk tetap tinggal di pesantren, malas belajar mandiri. Dari faktor eksternal sendiri yaitu adanya pengaruh lingkungan dan pergaulan yang kurang baik. 3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan sistem pendidikan pesantren yaitu dengan cara mengusahakan siswa bersosialisasi dengan orang-orang yang baik dari lingkungan yang baik, membimbing siswa dalam mengubah kebiasaan yang kurang baik, melakukan pendekatan secara personal kepada siswa yang malas belajar. Jika semua itu dapat terlaksana niscaya siswa akan bangkit dan memiliki semangat belajar, maka sistem pendidikan pesantren di MAN 2 Kota Serang akan berjalan sesuai harapan pihak madrasah, guru dan orang tua siswa.
References
Anwar, A.S, “Reaktualisasi dan implementasi sistem pendidikan Islam pada madrasah unggulan (pengembangan dan strategi dalam peningkatan mutu Pendidikanâ€. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 573–588.
Arikunto, Suharsimi, Evaluasi Program Pendidika, Jakarta: Bmi Aksara, 2018.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islami, Tradisi dan Modernisasi menuju Milenium Baru, Jakarta:Logos, 1999.
Djuma’in, “Kurikulum MA dalam Rangka Otonomi Daerah; Laporan Kegiatan Pelatihan Kepala Madrasah Aliyah se-Jawa Tengah Angkatan VII, VIIIâ€, KerjasamaKanwil Depag Prop. Jateng dengan IAIN Walisongo. Semarang Tahun 2003.
Efendi, Agus, Revolusi Kecerdasan Abad 21 Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intellegence Atas IQ. Bandung : Alfabeta, 2005.
Fadjar, Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan, 2010.
Handoko, Hani, Manajemen edisi 2, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2017.
Ismail, Faisal, Paradigma Kebudayaan Islam: Studi Kritis dan Refleksi Historis. Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1996.
Kasmawati, Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Idaarah, Vol. III, No. 1, Juni 2019.
Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1991.
Nata, Abudin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2001.
Pambudi, M.N, Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah, Jurnal Media Manajemen Pendidikan, Vol. 2, No. 1, 2019, h. 58.
Rahman, Fazlur, Islam, Anchor Books, New York, 1968, dilengkapi edisi The Checago University, 1979,. Terj. Ahsin Mohammad, Bandung: Pustaka, 1997.
Sadulloh, Uyoh, Pedagogik ; ilmu mendidik, Bandung: Alfabeta, 2010.
Sofi’I, Imam , Mukhoyyaroh&Yunus, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Indramayu: Penerbit Adab, 2022.
Sudjana, Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Nonformaldan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung :FallahProduction, 2004.
Suhardi, Pengantar Manajemen dan Aplikasinya, Yogyakarta: Gava Media, 2018.
Sukarna, Dasar-dasar Manajemen, Bandung: CV. Mandar Maju, 2011.
Supiana, Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tangerang, Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung dan Madrasah Aliyah Negeri Darussalam Ciamis, Disertasi UIN Syahida Jakarta, Jakarta: UIN Syahida, 2008.
Suprawito, Boarding School dalam Nation and Character Building Praja, Jurnal Penelitian Pendidikan vol. 11 no. 2, Oktober 2010.
Suprayogo, Imam, Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an, Malang: UIN Press, 2010.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosda Karya, 2010.
Tawakal, Farojihut, Manajemen Pembelajaran Sistem Boarding School Di Sekolah Umum Dan Madrasah, Tulungagung: IAIN Tukungagung, 2016.
Widoyoko, S., Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aep Saepul Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.