ANALISIS DESAIN OPTIMUM SPROKET RODA BELAKANG SEPEDA MOTOR DENGAN BENTUK LENGAN SPROKET LURUS KRITERIA BIAYA MATERIAL MINIMUM

Authors

  • Insana Jatmiko Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtc.v1i2.2246

Abstract

Abstrak: Pertumbuhan jumlah sepeda motor dalam negri sangat signifikan  karena jumlah penduduk yang banyak dan ekonomi yang stabil. Hal ini mendorong peningkatan pembuatan komponen-komponen sepeda motor oleh perusahaan kecil. Peningkatan tersebut harus dibarengi dengan peningkatan daya saing produk. Usaha yang dilakukan diantaranya dengan melakukan optimasi desain produk kriteria biaya material minimum. Sproket dalam negri perlu dilakukan optimasi agar lebih  kompetitif dengan cara memilih material yang mampu menjalankan fungsinya dan harga kebutuhan material minimum dengan menggunakan Metode Desain Optimum Kriteria Biaya Kebutuhan Material Minimum. Material yang diseleksi yaitu material yang pada umumnya dipakai oleh industri dalam negri: S45C, AISI 1045, AISI 5140, GG25, dan 20MnCr5. Umur sproket yang diharapkan lebih dari 3 tahun ( ± 3,7 x 107 siklus). Hasil analisis menunjukan baja S45C paling optimum untuk membuat sproket.

 

Kata kunci: sproket, seleksi material, desain

Downloads

Published

2019-02-01

How to Cite

Jatmiko, I. (2019). ANALISIS DESAIN OPTIMUM SPROKET RODA BELAKANG SEPEDA MOTOR DENGAN BENTUK LENGAN SPROKET LURUS KRITERIA BIAYA MATERIAL MINIMUM. Jurnal Teknik Mesin Cakram, 1(2), 39–42. https://doi.org/10.32493/jtc.v1i2.2246

Issue

Section

Articles