ANALISIS DESAIN OPTIMUM SPROKET RODA BELAKANG SEPEDA MOTOR DENGAN BENTUK LENGAN SPROKET LURUS KRITERIA BIAYA MATERIAL MINIMUM
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtc.v1i2.2246Abstract
Abstrak: Pertumbuhan jumlah sepeda motor dalam negri sangat signifikan karena jumlah penduduk yang banyak dan ekonomi yang stabil. Hal ini mendorong peningkatan pembuatan komponen-komponen sepeda motor oleh perusahaan kecil. Peningkatan tersebut harus dibarengi dengan peningkatan daya saing produk. Usaha yang dilakukan diantaranya dengan melakukan optimasi desain produk kriteria biaya material minimum. Sproket dalam negri perlu dilakukan optimasi agar lebih kompetitif dengan cara memilih material yang mampu menjalankan fungsinya dan harga kebutuhan material minimum dengan menggunakan Metode Desain Optimum Kriteria Biaya Kebutuhan Material Minimum. Material yang diseleksi yaitu material yang pada umumnya dipakai oleh industri dalam negri: S45C, AISI 1045, AISI 5140, GG25, dan 20MnCr5. Umur sproket yang diharapkan lebih dari 3 tahun ( ± 3,7 x 107 siklus). Hasil analisis menunjukan baja S45C paling optimum untuk membuat sproket.
Kata kunci: sproket, seleksi material, desain