INTERNALISASI NILAI KARAKTER DEMOKRATIS-RELIGIUS MELALUI PENGEMBANGAN MATA KULIAH KULIAH TAFSIR TEMATIK TERINTEGRASI CIVIC EDUCATION

Authors

  • M. Naelul Mubarok Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i2.p99-110.17552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Internalisasi nilai karakter demokratis religious melalui pengembangan mata kuliah tafsir tematik terintegrasi mata kuliah civic education. Jenis penelitian merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang dugunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Institut PTIQ Jakarta. hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai dapat dilakukan dengan menggunakan strategi integrasi mata kuliah yang memiliki topik-topik kajian yang memiliki relevansi satu sama lain. Internalisasi nilai demokratis religious bisa diupayakan melalui kedua mata kliah tersebut.
Adapun pengimplementasian dilakukan dengan tahap perencanaa yang meliputi perencanaa Tujuan capaian pembelajaran tiap mata kuliah, Menentukan tema atau topik yang akan dibahas pembelajaran, menyusun RPS. Pada tahap pelaksanaan melalui pengajaran mata kuliah meliputi:
Presentasi, diskusi, telaah relevansi konsep yang dikembangkan dalam masing-masing mata kuliah, mengkompromikan perdebatan ilmiah melalui pendekatan tafsirr tematik.

Kata Kunci : Internalisasi Nilai, Demokratis-Religius, Civic Education, Tafsir Tematik

References

Asyanti, S. (2012). Pendidikan Karakter

di Perguruan Tinggi : Sudah

Terlambatkah? Prosiding Seminar

Nasional Psikologi Islami , 284–

Azizah, Nur. (2014). Perilaku Moral dan

Religiusitas siswa Berlatar

Belakang pendidikan Umum dan

Agama. Jurnal Psikologi, 1(2), 35–

Chanifah, N. (2015). Desain Pendidikann

Karakter di Perguruan Tinggi

Umum, Seminar Nasional Riset

Inovatif III.

Vol. 3, No.2, Desember 2021

Darmiyati, Z. (2001). Pendekatan

Pendidikan Nilai Secara

Komprehensip Sebagai Suatu

Alternatif Pembentukan Akhlak

Bangsa. Yogyakarta: Makalah

Disampaikan Pada Seminar

Terbatas Pusat Penelitian Uny

Tanggal 11 Juni 2001, 185–186.

Kirschenbaum, H. (1995). 100 Ways To

Enhance Values And Morality In

Schools And Youth Settings.

Massachusetts : Allyn & Bacon.

Lisnawaty W Badu (2021) Perlindungan

Hak-Hak Konstitusional

Masyarakat Adat di Kabupaten

Boalemo dalam Penerapan Sanksi

Adat. Juurnal Konstitusi Volume

, (1) hl.220-239

https://doi.org/10.31078/jk18110

Muhaimin. (2012). Paradigma

Pendidikan Islam, Upaya

Mengefektifkan Pendidikan Islam

Di Sekolah. Bandung : PT. Remaja

Rosda Karya.

Samani, M. & H. (2013). Konsep Dan

Model Pendidikan Karakter.

Bandung : Remaja Posdakarya.

Schwartz, AJ. (2000). It’s Not to Late to

Teach College Student about

Values. The Chronicle of Higher

Education., 46(40), A68.

Suharman. (2017). Faktor Determinan

Akhlak Remaja. Jurnal Conciencia,

(2), 70–98.

Susanti, Rosa. (2013). Penerapan

Pendidikan Karakter di kalangan

Mahasiswa. Jurnal Al-Ta’lim, 1(6),

–487.

Downloads

Published

2022-01-18