INTERNALISASI NILAI KARAKTER DEMOKRATIS-RELIGIUS MELALUI PENGEMBANGAN MATA KULIAH KULIAH TAFSIR TEMATIK TERINTEGRASI CIVIC EDUCATION
DOI:
https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i2.p99-110.17552Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Internalisasi nilai karakter demokratis religious melalui pengembangan mata kuliah tafsir tematik terintegrasi mata kuliah civic education. Jenis penelitian merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang dugunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Institut PTIQ Jakarta. hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai dapat dilakukan dengan menggunakan strategi integrasi mata kuliah yang memiliki topik-topik kajian yang memiliki relevansi satu sama lain. Internalisasi nilai demokratis religious bisa diupayakan melalui kedua mata kliah tersebut.
Adapun pengimplementasian dilakukan dengan tahap perencanaa yang meliputi perencanaa Tujuan capaian pembelajaran tiap mata kuliah, Menentukan tema atau topik yang akan dibahas pembelajaran, menyusun RPS. Pada tahap pelaksanaan melalui pengajaran mata kuliah meliputi:
Presentasi, diskusi, telaah relevansi konsep yang dikembangkan dalam masing-masing mata kuliah, mengkompromikan perdebatan ilmiah melalui pendekatan tafsirr tematik.
Kata Kunci : Internalisasi Nilai, Demokratis-Religius, Civic Education, Tafsir Tematik
References
Asyanti, S. (2012). Pendidikan Karakter
di Perguruan Tinggi : Sudah
Terlambatkah? Prosiding Seminar
Nasional Psikologi Islami , 284–
Azizah, Nur. (2014). Perilaku Moral dan
Religiusitas siswa Berlatar
Belakang pendidikan Umum dan
Agama. Jurnal Psikologi, 1(2), 35–
Chanifah, N. (2015). Desain Pendidikann
Karakter di Perguruan Tinggi
Umum, Seminar Nasional Riset
Inovatif III.
Vol. 3, No.2, Desember 2021
Darmiyati, Z. (2001). Pendekatan
Pendidikan Nilai Secara
Komprehensip Sebagai Suatu
Alternatif Pembentukan Akhlak
Bangsa. Yogyakarta: Makalah
Disampaikan Pada Seminar
Terbatas Pusat Penelitian Uny
Tanggal 11 Juni 2001, 185–186.
Kirschenbaum, H. (1995). 100 Ways To
Enhance Values And Morality In
Schools And Youth Settings.
Massachusetts : Allyn & Bacon.
Lisnawaty W Badu (2021) Perlindungan
Hak-Hak Konstitusional
Masyarakat Adat di Kabupaten
Boalemo dalam Penerapan Sanksi
Adat. Juurnal Konstitusi Volume
, (1) hl.220-239
https://doi.org/10.31078/jk18110
Muhaimin. (2012). Paradigma
Pendidikan Islam, Upaya
Mengefektifkan Pendidikan Islam
Di Sekolah. Bandung : PT. Remaja
Rosda Karya.
Samani, M. & H. (2013). Konsep Dan
Model Pendidikan Karakter.
Bandung : Remaja Posdakarya.
Schwartz, AJ. (2000). It’s Not to Late to
Teach College Student about
Values. The Chronicle of Higher
Education., 46(40), A68.
Suharman. (2017). Faktor Determinan
Akhlak Remaja. Jurnal Conciencia,
(2), 70–98.
Susanti, Rosa. (2013). Penerapan
Pendidikan Karakter di kalangan
Mahasiswa. Jurnal Al-Ta’lim, 1(6),
–487.