PERAN TEXT PROCESSING DALAM APLIKASI PENERJEMAH MULTI BAHASA MENGGUNAKAN AJAX API GOOGLE

Authors

  • Afrizal Zein Universitas Pamulang

Abstract

 

ABSTRAK

Mesin penerjemah adalah  alat penerjemah otomatis pada sebuah teks yang dapat merubah dari satu  bahasa ke bahasa yang berbeda. Mesin penerjemah adalah sebuah software dengan hasil terjemahan dihasilkan atas dasar model linier regresi yang parameter-parameternya diambil dari hasil analisis statistik teks bilingual. Sekarang kami memperkenalkan langkah berikutnya dalam membuat Mesin Penerjemah yang lebih baik menggunakan metode Neural Machine Translation.

Cara Neural Machine Translation menerjemahkan seluruh kalimat dalam  satu waktu, bukan hanya memenggal  sepotong demi sepotong. Menggunakan konteks yang lebih luas untuk membantu mencari tahu terjemahan yang paling relevan, yang kemudian menata kembali dan menyesuaikan untuk menjadi lebih seperti layaknya berbicara dengan manusia menggunakan  tata bahasa yang benar.

Program aplikasi ini dibuat menggunakan Bahasa pemrograman C# ditambah pustaka AJAX API Google untuk menerjemahkan teks dan mengambil terjemahan dengan mengurai konten JSON.

Dari hasil penelitian didapat sebuah terjemahan yang jauh lebih halus dan mudah dibaca, dan ini semua mungkin karena sistem pembelajaran end-to-end yang dibangun di atas Neural Machine Translation yang pada dasarnya berarti bahwa sistem belajar dari waktu ke waktu untuk membuat lebih baik, terjemahan yang lebih alami.

Kata Kunci :  Neural Machine Translation, Google Translate, Ajax API Google

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Zein, A. (2021). PERAN TEXT PROCESSING DALAM APLIKASI PENERJEMAH MULTI BAHASA MENGGUNAKAN AJAX API GOOGLE. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 13(2). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ESIT/article/view/14972

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.