Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poli Gigi Di RSUD Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Hastono Hastono Universitas Pamulang
  • R Roro Vemmi Kesuma Dewi STAI Al Aqidah Al Hasyimiyyah
  • Ika Yulistiana STAI Al Aqidah Al Hasyimiyyah
  • Joko Nugroho STAI Al Aqidah Al Hasyimiyyah
  • Rika Febrianti STAI Al Aqidah Al Hasyimiyyah

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i1.11020

Keywords:

Pelayanan, Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien Poli Gigi di RSUD Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 88 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel pelayanan diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,413 dengan kriteria baik. Variabel kepuasan pasien diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,802 dengan kriteria baik. Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai persamaan regresi Y = 10,484 + 0,807X, dan nilai koefisien korelasi 0,750 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 56,2%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1).

Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Irmal, I., Gustiarani, E., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh E-Marketing dan E-CRM terhadap E-Loyalty Pengunjung Situs Website www. Cangkirbogor. com. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2).

Istijanto (2014) “Riset Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Jasmani, J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Baja Mandiri Di Jakarta. Disrupsi Binis, 1(1).

__________. (2019). The Effect of Leadership and Competence on Lecturer Performance and Its Implications on Student Learning Motivation at Pamulang University. International Journal of Advances in Social and Economics, 1(4).

__________. (2020). Analysis of the Effect of Prices, Promotions and Products on Purchase Interest Impacts on Consumer Satisfaction of VIVO Brand Mobile Phones in South Tangerang Region. Jurnal Ad'ministrare, 7(1), 73-82.

Kasmad, K., Mustakim, M., & Sunarsi, D. (2020). Increasing Community School Interest Through Service Quality, Prices and Promotion in Vocational High Schools. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2).

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.

Maddinsyah, A., Hidayat, D., Juhaeri, J., Susanto, D., & Sunarsi, D. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Mani, J. (2017). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Bisma Narendra Di Jakarta). Jurnal Mandiri, 1(2), 187-206.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.

Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysisâ€, The Asian.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1).

Y Kadarusman, D Sunarsi. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Peningkatan Jumlah Siswa Pada SMK PGRI Balaraja. JS (JURNAL SEKOLAH) 4 (3), 213-221.

Downloads

Published

2021-01-10

How to Cite

Hastono, H., Dewi, R. R. V. K., Yulistiana, I., Nugroho, J., & Febrianti, R. (2021). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poli Gigi Di RSUD Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 110–115. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i1.11020

Issue

Section

Articles