Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fastfood KFC Di Kota Sorong (Studi Kasus Mega Mall Kota Sorong)
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i3.11143Keywords:
Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Keputusan Pembelian KonsumenAbstract
Banyak faktor-faktor yang menjadi dasar seseorang konsumen sebelum melakukan pemilihan atau membeli suatu produk fastfood. Mulai dari faktor budaya, sub-budaya, faktor sosial dan faktor pribadi. Hal inilah yang menjadi dasar bagi setiap produsen dalam memasarkan produk mereka dan untuk mengetahui apa yang terjadi di lapangan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana faktor sosial dan faktor pribadi mempengaruhi kepetusan pembelian KFC di Kota Sorong. Metode penelitian yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji F, dan uji t. Data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan 50 responden yang di ambil menggunakan insidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis regresi linier berganda dan uji F terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian konsumen pada KFC di Kota Sorong. Dan dari dua variabel yang signifikan tersebut, variabel faktor sosial mempunyai pengaruh yang lebih besar atau dominan terhadap keputusan pembelian konsumen.
References
Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.
Erlangga, H., Sifatu, W. O., Wibisono, D., Siagian, A. O., Salam, R., & Mas’adi, M. (2020). Pharmaceutical Business Competition in Indonesia: A Review. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(10), 617-623.
Fauzie D., Yulianto E., & Sunarti. (2016) Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen KFC Cabang Mall Olympic Garden Malang). Malang.
Haque, M. G., Munawaroh, M., Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2021). Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs “Bakoel Zee†Marketing Strategy in BSD. PINISI Discretion Review, 4(2), 277-284.
Kasmad, K., Mustakim, M., & Sunarsi, D. (2020). Increasing Community School Interest Through Service Quality, Prices and Promotion in Vocational High Schools. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2).
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran: Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Leon Schiffman (2004) Perilaku Konsumen Edisi Tujuh. Jakarta: Indeks.
Monintja R. Y., Mandey S. & Soegoto A. S. (2015) Analisis Merek, Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Gelael Swalayan Manado. Manado.
Nugroho, J. S. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Nurjaya, N., Affandi, A., Erlangga, H., Sunarsi, D., & Jasmani, J. (2021). The Effect of Product Promotion and Innovation Activities on Marketing Performance in Middle Small Micro Enterprises in Cianjur. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 528-540.
Purwanti, Y. (2021). The Influence Of Digital Marketing & Innovasion On The School Performance. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(7), 118-127.
Rasyid, N., & Rawi, R. D. P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada Pt. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Di Makassar. Sentralisasi, 7(2), 11-27.
Rawi, R. D. P., & Lewenussa, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Dan Kinerja Generation Young (Gen Y) Terhadap Ekspektasi Peluang Bisnis (Studi Kasus Di PT. Adira Group Kota Sorong). Gorontalo Management Research, 2(2), 80-89.
Ridayani N. K. G. (2015) Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Koran Kompas.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research) dan Penelitian Evaluasi . Bandung: Alfabeta.
Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wangsi, M. M., & Rawi, R. D. P. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).