Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Klamana Kota Sorong

Authors

  • Yulius Frits Momot Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Mitta Muthia Wangsi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Kamaluddin Kamaluddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ahmad Jamil Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13382

Keywords:

Disiplin Kerja, Pelayanan Pegawai, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui pengaruhdisiplinkerjadan pengaruhpelayananpegawai terhadapkepuasanmasyarakat di Kantor KelurahanKlamana Kota Sorong. Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptif dan korelasidenganmenggunakanpendekatankuantitatif. Teknik analisis data menggunakanregresi linear berganda. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa: Disiplinkerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikan sebesar (0,002< 0,05), nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,211>2,002), dan nilai koefisien regresi sebesar 0,408. PelayananPegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0,05), nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,911 >2,002), dan nilai koefisien regresi sebesar 0,337.

References

Affandi, A., et al.. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.

Agus B.S dkk. 2013. Pengaruh Kedisiplinan Dan Ketangapan Terhadap Kepuasan Pelangan Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Hotel Di Kabupaten Semarang).

Arikunto S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan ke-11. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hlm: 67, 256.

Astia Tika. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Tanjung pinang Timur. Skripsi Univesrsitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung pinang.

Dessler, Gary. 1992. Manajemen Sumber-daya Manusia, Jakarta: Prenhallindo.

Eulin Karlina, dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedisiplinan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Skripsi Universitas Bina Sarana Infomatika.

Luluh Endah Khariri. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Mangkunegara, A. P. 2000. “Kinerja (prestasi kerja)â€. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslimat, A., et al.. (2020). Effect Of Organizational Commitment On The Sustainability Performance Of Indonesian Industries. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(6), 8330-8347.

Narmod H dkk. 2016. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Wonogiri. Jurnal Imliah. Kabupaten Wonogiri

Nurjaya, N., et al.. (2020). The Effect of Work Stress and Work Conflict on Employees Turnover Intention In Middle Small Micro Enterprises (MSMEs) In South Tangerang Region. International Journal of Educational Administration, Management, and Leadership, 51-62.

Rahayu.A. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Semangat Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Yang Di Layani Pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Skripsi UNNES.

Rawi, R. D. P. (2017). Analisis Hubungan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Kantor Kecamatan Ruing Kabupaten Ngada Ntt). Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 15-28.

Rika Ayu Eliani. (2017). PengaruhKompetensiPegawai, DisiplinPegawai dan KeadilanPelayananTerhadapKepuasan Masyarakat Di Kantor KecamatanUngaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Safitriani (2016). PengaruhDisiplinKerjaTerhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaraga Di Kab. Jeneponto. Skripsi UIN Alaudin Makassar.

Suwanto, S., et al. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Happy Restaurant Di Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(4), 546-554.

Tjiptono, F. (2012). Service Management: MewujudkanPelayanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Widya A V.(2018).PengaruhKualitasPelayananPublik Dan DisiplinKerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Balai Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.Skripsi UNY.

Yunanto Yogi (2017). AnalisisPengaruhKualitasPelayanan Dan DisiplinKerjaKaryawanTerhadapKepuasanPasien Askes Di PT Askeks Kediri. TesisDosen Universitas Kediri.

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Momot, Y. F., Wangsi, M. M., Kamaluddin, K., & Jamil, A. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Klamana Kota Sorong. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 457–463. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13382

Issue

Section

Articles