Pengaruh Pemberdayaan (Empowerment) dan Karakteristik Pekerjaan pada Komitmen Organisasional

Siti Djamilah, Surenggono Surenggono

Abstract


Penelitian ini menguji pengaruh pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi. Populasi penelitian ini adalah civitas akademika Fakultas Ekonomika dan Bisnis Wijaya Kusuma Surabaya (FEB UWKS). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut: mahasiswa, dosen dan karyawan FEB UWKS yang telah bekerja di perusahaan/lembaga yang sama minimal 6 bulan. Besar sampel adalah 109 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan, sedangkan variabel terikatnya adalah komitmen organisasi. Untuk menguji hipotesis, digunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi. Sebelum menguji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan hasil yang valid dan reliabel. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi. Dengan demikian, hipotesis 1 dan 2 diterima. Pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. Dengan demikian, jika pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan meningkat maka komitmen organisasi juga akan meningkat, sebaliknya jika pemberdayaan dan karakteristik pekerjaan menurun maka komitmen organisasi juga akan menurun.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Al Farisi, M. S. (2020). Preferensi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta: Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 60-75.

Chasanah, N. 2008. Analisis pengaruh empowerment, self efficacy dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan, Tesis, Semarang: Undip

Christian, F. 2012. Pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap komitmen Organisasi pada karyawan PT. Konimex Pharmaceutical Laboratories Solo, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya

Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.

Khan, Sharafat. 1997. They Key to being a Leader Company: Empowerment, Journal Personality and Partisipation, p.44-45.

Luthans, Fred. 1998. Organizational Behavior, Elevent edition. Singapore: Mc. Growth-Hill Book co.

McCormack, D., Casimir, G. M., Dyjurkovic, N. & Yang L. 2009. Workplace bullying and intention to leave amongst schoolteachers in China: The mediating effect of affective commitment. Journal of Applied Social Psychology, 39: 2106 - 2127

Meyer, J P and Allen, N J. 1991. A three-component conceptualization of organizational commitment: Some methodological considerations, Human Resource Management Review, 1: 61-98

Mowday, R.T., Steers, R.M. & Porter, L.W. 1979. The measurement of organizational commitment. Journal of Vocational Behavior, 14: 224-247

Robbins, Stephen. P. 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta:

Rokhmah & Riani.2005. Keterkaitan Antara Komitmen Afektif Dengan Intensi Turnover Pada Karyawan Bagian Produksi Di PT Usman Jaya Mekar Magelang. Surakarta: Jurnal Ilmiah Teknik Industri.

Sekaran, U. 1992. Research Methods in Business. Second edition. Canada: John Willey & Sons, Inc.

Thomas, K. W., Velthouse, B.A. 1990. Cognitive Elements of Empowerment: an Enterpretative Model of Intrinsic Task Motivation, Academy of Management Review, Vol:15, p: 4-666.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Djamilah, Surenggono Surenggono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diindeks dan diabstraksi oleh:

 

 


Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Artikel PERKUSI telah melalui proses tinjauan sejawat sebelum dipublikasikan. Jurnal, Editor dan dewan redaksi berhak atau berkewajiban untuk menghapus atau menarik artikel yang memuat data yang tidak akurat dan menyesatkan jika ada. Baca Kebijakan Plagiarisme dan Etika Publikasi. Penggunaan situs ini menandakan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan.