Membangun Motivasi Dan Kreativitas Berwirausaha Pada Kelompok PKK Desa Iwul – Parung Bogor

Authors

  • Suripto . Unpam
  • Mira Deliana Unpam
  • Didi Sujadi Unpam
  • A Asrorudin Unpam
  • Yayah Rokayah Unpam
  • Didik Setiawan Unpam

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v3i3.p96-105.26128

Abstract

Pengabdiankepadamasyarakatinibertujuanuntukmenganalisadanmemberikan sumbangsih pemikiran mengenai motivasi dan kreativitas padausahakecilmandiridikampunglengkongbarangRt.001/003desaiwul-parung bogor. Dimana UMKM memiliki peran yang begitu penting dalamperkembangan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia saat ini ditengahpandemi covid-19 yang belum usai, sehingga menyebabkan krisis di berbagaisektor,terutamabagisektorUMKM,danjugapengangguranyangtinggidiakibatkan pandemi covid-19. Kejadian ini mengakibatkan makin banyaknyaangkatan kerja yang tidak terserap dalam dunia kerja menjadi semakinluasdan menjadi problematika bangsa indonesia khususnya. oleh sebab itu, hal inimenjadi tantangan dan peluang bagi seseorang wirausahawan yang memilikikompetensi untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda atau memilikikemampuan berpikir kreatif dan inovatif, kemampuan dan kemauan mencaripeluang,keberaniandalammenanggungrisikountukmengembangkanideserta meramu sumber daya yang dimiliki sehingga mampu memberikan solusiterbaik.Adapunmetodeyangdigunakanadalahmetodedeskriptifdalampenyampaianmaterisecaralangsungdilakukandiskusi/wawancaramengenaimotivasidankreativitas,hinggapemasaranproduksecarakonvensionalmaupundigitalisasi.Kesimpulandaripengabdiankepadamasyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemenbisnis untuk pengembangan para pelaku usaha mandiri dan kelompok PKKdalamupayamewujudkankesejahteraanmasyarakatdidesaiwul-parungbogor.

References

EP, Sari. (2020). PENGARUH AKTIVITAS PENELUSURAN JEJAK DIGITAL DI YOUTUBE BAGI GENERASI MILLENIAL.- JURNAL BIBLIOTIKA.

RP, Elburdah, B Oktrima (2020). PENGARUH COMMUNITY OF PRACTICE PADA IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA KANTOR KELURAHAN REMPOA - JURNAL LOKABMAS KREATIF

RP, Elburdh. (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PENTA ARTHA IMPRESSI AREA TANGERANG SELATAN- Jurnal Semarak.

RP, Elburdah. (2018).PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA ANGGOTA DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI RIAU - Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2018

Elburdah, R. P., Pasaribu, V. L. D., Rahayu, S., Septiani, F., & Metarini, R. R. A. (2021). Mompreneur Penopang Perekonomian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Bisnis Online Pada Kelurahan Pondok Benda. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75-82.

Sopandi.2016.Implementasi Knowledge Management Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasu Pendidikan.

Trivellas, P., Akrivouli, Z., Tsifora, E., Tsoutsa, P. 2015. The Impact of Knowledge Sharing Culture on job Satisfaction in Accounting Firm with Mediating Effect of general Competencies. E-journal Procedia Economic and Finance Elsevier. 19: 238-24

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172.

Downloads

Published

2022-12-05