About the Journal

Focus and Scope

Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juli dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Maret tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan Pengabdian  pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif adalah Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen-Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi pengabdian pada bidang  pemasaran, sumber daya manusia ,keuangan,dan Kewirausahaan.

Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif :Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Peer Review Process

Artikel yang masuk ke Jurnal Lokabmas PKM  minimal ada dua reviewer untuk setiap naskah topik terkait. Penilaian dari reviewer pertama akan menjadi prioritas utama editor akan mengambil keputusan, jika hanya ada dua reviewer. Diperlukan waktu tiga minggu bagi peninjau untuk menyelesaikan satu putaran proses peninjauan.

Pada tahap pertama, tim redaksi lokabmas PKM mengevaluasi kesesuaian artikel dengan fokus dan cakupan jurnal serta gaya jurnal dan pedoman khusus penulis lokabmas PKM. Artikel semua di luar cakupan akan ditolak. Lokabmas PKM menggunakan perangkat lunak Google Scholar dan Turnitin untuk pemeriksaan plagiarisme dan kesamaan artikel yang dikirimkan. Lama evaluasi antara 1-3 minggu.

Review substansial single-blind dilakukan oleh setidaknya dua reviewer - durasi evaluasi antara 3-10 minggu. Jika diinginkan, reviewer dapat meminta review ulang setelah penulis merevisi artikelnya.

Pemimpin Redaksi memberikan kewenangan untuk memutuskan apakah artikel tersebut dapat dipublikasikan dengan mempertimbangkan rekomendasi dari reviewer. JPK menerbitkan terbitan In-Press yang memuat artikel yang diterima untuk pengindeksan yang lebih cepat. JPK juga menerbitkan artikel siap-kamera dalam terbitan In-Progress sebelum penerbitan terbitan reguler.

Jika Anda ingin menjadi reviewer JPK, silakan lengkapi Formulir Aplikasi online. Anda harus memberikan beberapa kata deskriptif tentang minat meninjau Anda. Kami akan mendaftarkan Anda sebagai Reviewer dan Penulis di Jurnal Kompetitif dalam tiga hari kerja. Informasi akun Anda, yaitu nama pengguna dan kata sandi, akan dikirimkan ke email Anda.

Umumnya calon reviewer akan dipilih berdasarkan reputasinya di nomor publikasi internasional dan kualitas studinya. Untuk langkah selanjutnya, editor mengirimkan surat undangan kepada masing-masing calon reviewer. Setelah calon reviewer diinformasikan ketersediaan mereka untuk proses review, editor dapat membuat akun untuk setiap reviewer dan kemudian mengirimkan manuskrip oleh OJS.

Semua proses review dilakukan dengan cara blind review dan dikelola oleh editor di OJS.

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif

Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah

jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juli dan November oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Maret tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan Pengabdian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif adalah Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen-Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi pengabdian bidang pemasaran, sumber daya manusia ,keuangan,dan Kewirausahaan.

Mohon dibaca panduan dengan baik. Penulis yang ingin menyerahkan artikel ke Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang, harus mematuhi panduan penulisan. Jika artikel yang dikirim tidak sesuai atau ditulis dalam format yang berbeda dengan panduan, maka akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya menerima artikel yang sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Artikel ditulis dalam bahasa indonesia.

Proses penerimaan, review, dan penerbitan artikel pada Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif sepenuhnya dilakukan melalui open journal system (OJS). Penulis yang akan mengirimkan artikel wajib memperhatikan pedoman penulisan dan menulis artikel sesuai dengan template artikel yang sudah disediakan. Artikel yang tidak sesuai ketentuan dan template serta memiliki tingkat kemiripan dengan sumber lain lebih dari 40% akan langsung ditolak.

Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif :Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Articel Processing Charges

Setiap naskah yang masuk ke redaksi Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif akan dikenakan biaya Rp.350.000 untuk proses pengiriman naskah, review penyuntingan, publikasi dan pengarsipan untuk Biaya Pengelolaan DOI Dan Sinta. Sesuai dengan Ketentuan Pengelola Jurnal Lokabmas.

Publications Ethics

Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis pada semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan sebuah naskah pada Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif yang dikelola oleh Prodi Manajemen Universitas Pamulang termasuk para penulis, para editor, dan para reviewer. 

Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam 1 tahun oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak Maret tahun 2020.

 

Pernyataan ini berdasarkan pada standar COPE’s Best Practice.

1. Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Publikasi sebuah naskah sangatlah penting untuk diperhatikan terkait etikanya, hal ini termaktub pula pada Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang.Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif n Universitas Pamulang menerbitkan naskah hasil telaah baik teori dan empiris dari berbagai sumber penulis yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini penting guna pengembangan ilmu pengetahuan untuk diimplementasikan dalam pengembangan perekonomian disuatu negara. Maka, suatu jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati, perlu dilakukan dalam Pedoman Etika publikasi Jurnal. Hal tersebut merupakan refleksi langsung dari kualitas kerja dari para penulis dan institusi-institusi yang mendukung. Naskah dalam Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  dilakukan peer-review guna mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Hal ini kemudian penting untuk disetujui atas standar-standar yang diharapkan dari perilaku etis untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan, yaitu para penulis, para editor jurnal, para reviewer, para penerbit dan masyarakat.

Prodi Manajemen Universitas Pamulang sebagai penerbit Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif mengambil tugas perwaliannya melebihi semua tahapan penerbitan yang sangat serius dan kami melaksanakannya dengan etika serta tanggungjawab lainnya. Prodi Manajemen Universitas Pamulang memiliki komitmen untuk memastikan bahwa penyiaran, pencetakan kembali atau pendapatan komersial lain tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan yang bersifat editorial.

2. Keputusan-Keputusan Publikasi

Sebelum dilakukan penerbitan baik secara Online dan Cetak untuk Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif , Chief Editor yang bertanggungjawab atas penerbitan meminta masukan kepada Editor lain serta dukungan saran dari pada reviewer. Dimana, hal tersebut juga berdasarkan rangkaian penerbitan jurnal yang dimulai dari penyerahan naskah, pengecekan editor, pengecekan reviewer, pengecekan layout, pengecekan plagiat dan hak cipta. Hal tersebut dibawah pengawasan Chief Editor dan Editor lainnya dengan diberi kewenangan, sehingga munculah keputusan publikasi untuk naskah pada Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif .

3. Non-Diskriminasi

Pada setiap proses penerbitan JurnalLoyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif , para editor dan reviewer mengevaluasi naskah untuk konten keilmuan naskah tanpa menghubungkan dengan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari penulis. Hal ini dilakukan guna memegang etika penerbitan Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  yaitu non-diskriminasi.

4. Kerahasiaan

Naskah yang terbit pada Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  sangat dijaga nilai informasinya, dimana para editor, dan reviewer tidak diperkenankan membuka banyak informasi tentang sebuah naskah yang sudah disampaikan kepada siapa pun dari penulis, reviewer, tim editorial, serta penerbit, setapi hanya yang sesuai dan sewajarnya.

5. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan diungkapkan dalam sebuah naskah yang disampaikan tidak harus digunakan oleh banyak anggota dewan editor dan para reviewer dalam Pengabdiannya sendiri.

 

Tugas dan Kewajiban Reviewer

1. Kontribusi Terhadap Keputusan Editorial

Penerbitan naskah pada Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  melibatkan reviewer dibidangnya, keputusan dari reviewer sebagai kontribusi pada keputusan editor untuk setiap naskah. Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif menggunakan proses blind-review, dimana hasil dari reviewer dikomunikasikan kembali kepada penulis untuk meningkatkan kualitas Pengabdian para penulis.

2. Kecepatan

Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  sangat memperhatikan ketepatan waktu publikasi dan informasi pada penulis. Setiap naskah yang masuk pada Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  diinformasikan kepada penulis dan reviewer untuk proses sebagaimana ketentuan dasarnya. Jika reviewer tidak melaksanakan tugasnya tepat waktu, maka editor mengambil keputusan untuk mengganti reviewer lain yang lebih berkualitas. Guna kecepatan waktu penerbitan tetap konsisten sesuai dengan yang ditetapkan.

3. Kerahasiaan

Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  dikelola oleh Prodi Manajemen Universitas Pamulang dengan bantuan pada editor dan reviewer ahli. Setiap naskah yang masuk, sangat dijaga kerahasiaanya baik oleh editor, reviewer dan penerbit. Mengingat sistem blind-reviewer, maka setiap naskah yang masuk reviewer hanya bisa didiskusikan konten naskah dengan editor dan penulis.

4. Standar Objektivitas

Setiap naskah yang masuk pada JurnalLoyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  para editor dan reviewer diwajibkan untuk mengevaluasi naskah tersebut berdasarkan standar yang ditetapkan. Namun demikian, komentar ulasan dari editor dan reviewer perlu menghormati penulis. Serta para reviewer diwajibkan untuk konsisten pada keputusan dan rekomendasi mereka kepada para editor dan penulis.

5. Pengakuan Sumber-Sumber

Para reviewer diwajibkan memperhatikan setiap sumber yang berasal dari semua naskah yang masuk ke Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif , dimana naskah tersebut dikirimkan oleh penulis melalui editor. Setiap sumber perlu diketahui kebenaran dan kemutahirannya, serta diakui melalui daftar refensi yang dipercaya.

6. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi khusus atau ide-ide yang diperoleh melalui ulasan reviewer (peer-review) harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Para reviewer seharusnya tidak mempertimbangkan naskah yang mana naskah tersebut memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lain atau juga koneksi dengan para penulis, perusahaan, atau institusi lainnya yang dihubungkan dengan Pengabdian.

 

Tugas dan Kewajiban Penulis

1. Standar Pelaporan

Para penulis diwajibkan memberikan data secara akutan dan informasi yang informatif atas hasil karya yang diberikan kepada Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif . Data yang disajikan mengandung sumber referensi yang dapat dipertanggungjawabkan dan termaktub dalam naskah. Kecurangan atau kesengajaan pernyataaan-pernyataan yang tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

2. Akses Data dan Retensi

Para penulis dimungkinkan ditanya terkait data dan informasi pada naskah, sehingga diwajibkan memberikan data dan informasi yang berkaitan dengan naskah tepat waktu kepada editor dan reviewer. Hal ini untuk memudahkan penyempurnaan naskah dari penulis sesuai dengan kaidah Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif .

3. Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis seharusnya memastikan bahwa mereka telah menulis karya sepenuhnya asli, dan jika para penulis telah menggunakan karyanya dan atau kata-kata karya orang lain, maka wajib dikutip secara benar. Jika ditemukan beberapa masalah terkait pengutipan dan atau plagiat pada karya penulis, maka secara otomatis naskahnya ditolak.

4. Multiple, Redundant or Concurrent Publication

Ketika penulis mengirimkan naskah untuk dipublikasi di Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif , penulis tidak diperkenankan mengirimkan naskah tersebut pada penerbit lainnya secara simultan. Pengajuan simultan dari penulis dipertimbangkan tidak etis dan tidak dapat diterima naskahnya.

5. Pengakuan Sumber-sumber

Setiap naskah yang dikirimkan oleh penulis pada Jurnal Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif  wajib memberikan pengakuan atas sumber-sumber yang layak dan mampu menambah nilai naskahnya, semua pengakuan tersebut harus tercantum secara jelas pada daftar referensi.

6. Kepengarangan Penulisan Pengabdian

Kepengarangan seharusnya terbatas kepada yang telah membuat suatu kontribusi yang signifikan kepada Pengabdi yang dilaporkan dalam naskah yang dikirimkan ke Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. Penulis yang tercantum dalam naskah memiliki suatu tanggung jawab untuk menjaga co-penulis diposting dengan proses ulasan. Jika diterima, semua penulis diharuskan untuk memberikan pernyataan yang ditandatangani bahwa Penulisan Pengabdian  adalah karya Pengabdi asli mereka.

7. Bahaya-bahaya dan Subjek Manusia atau Binatang

Jika karya melibatkan bahan-bahan kimia, prosedures atau alat yang memiliki banyak bahaya yang tidak biasa melekat dalam penggunaan penulis, mereka harus mengidentifikasi dengan jelas semua hal tersebut dalam naskah.

8. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis seharusnya mengungkapkan dalam naskahnya tentang semua hal yang mendukung pengabdiannya terselesaikan. Semua penyokong sumber keuangan untuk pengabdian seharusnya diungkapkan.

9. Kesalahan-kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan sebuah kesalahan yang signifikan atau ketidakakuratan dalam karya yang dipublikasikannya, kewajiban penulis untuk segera memberitahu editor atau penerbit jurnal dan bekerja sama dengan editor untuk menarik atau memperbaiki tulisan pengabdian