Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Lokasi Agen Baru Dengan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Pada PT.Citra Van Titipan Kilat

Achmad Lutfi Fuadi

Abstract


Di PT.Van Titipan Kilat semakin bertambah permintaan relasi untuk membuka agen baru. Tidak sedikit  permintaan yang ditolak oleh pihak manajemen keagenan karena tidak sesuai dengan kriteria, Pemilihan  lokasi agen yang kurang tepat dari pengaju dan Dekatnya jarak pengajuan lokasi agen baru dengan lokasi agen lainnya. Dalam perhitungan pemilihan lokasi agen baru menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) ada tiga tahapan meliputi, pertama memberikan nilai setiap alternatif pada setiap kriteria yang sudah ditentukan, jarak lokasi agen, kepadatan penduduk, jarak perumahan, harga sewa kios. Kedua, memberikan nilai bobot pada setiap kriteria. Ketiga, normalisasi matriks.  


Full Text:

PDF

References


Putra, A., & Pratama, M. (2016). IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK PENENTUAN LOKASI ATM BARU. Jurnal JUPITER, 27 - 38.

Resti, N. C. (2017). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi untuk Cabang Baru Toko Pakan UD. Indo Multi Fish. Jurnal INTENSIF, 2549-6824.

Faraby, a. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Usaha Kredit Pada Bank Syariah Mandiri Medan Menggunakan Metode Analitical Hierarchy (AHP).

Kusumadewi, S. (2003). Artifical Intelegence ( Teknik dan Aplikasi ). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Kusumadewi, S. d. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha ilmu.

Kusumadewi, S. (2005). Modul Kuliah Fuzzy MADM. Yogyakarta: Jurusan Teknik Informatika UII.

Kusumadewi, S., Hartanti, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). fuzzy Multi Attribute Decision Making Methods. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, H. (2010). Aplikasi Uji Sensitivitas Untuk Model MADM Menggunakan Metode SAW dan TOPSIS. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi , E-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By:

 

 

JOAIIA : Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (ISSN: 2716-1501 )
Copyright © 2016-2019 Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.